Gawat…Kabut Asap Ganggu Persiapan Kontestan Liga 1

MEDANSPORT.ID-MEDAN-- Kabut asap tebal yang menyelimuti Kalimantan Tengah ternyata turut mengganggu persiapan laga PSIS Semarang kontra Kalteng Putra yang akan dilangsungkan di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Selasa (24/9/2019) sore nanti.

Tak cuma pernapasan, namun asap juga mengganggu pandangan sejumlah pemain PSIS dalam sesi latihan, Senin (23/9/2019) kemarin.

Hal itu diungkapkan oleh pelatih PSIS, Bambang Nurdiansyah dalam konferensi pers jelang pertandingan. Ia mengatakan, asap kebakaran hutan di Kalimantan cukup mengganggu para pemainnya. Bambang berharap ada pertimbangan khusus sebelum kick-off nanti.

"Asap sangat jadi hambatan, cuaca biasa saja pemain bisa gagal jantung bisa meninggal, ini ada asap. Setiap latihan pun harus ada dokter. Pertolongan pertama itu sangat penting," ungkap Bambang dilansir dari Bola.com

Pihaknya mengaku hal tersebut bukan alasan mengada-ada. Bambang juga menyebut PSIS bukannya takut atau tidak siap menghadapi Kalteng Putra, tapi faktor keselamatan atlet diutamakan.

"Jarak pandang terbatas membuat pemain terancam bertabrakan. Tolong dipertimbangkan ini soal asap. PSIS Semarang siap. Tapi, bukannya tidak mau main tapi kalau ada apa-apa kasihan pemain," katanya.

Namun, mantan pelatih Arema dan Persija ini menggambarkan timnya dalam kondisi baik dan bertekad meraih poin di kandang Kalteng Putra. Apalagi, PSIS Semarang terpuruk setelah dihajar Persebaya Surabaya 0-4 (20/9/2019).

"Kami dan Kalteng sama-sama baru saja kalah, berarti akan berjuang untuk menang. Kami seperti biasa mudah-mudahan curi poin, syukur-syukur menang," katanya.

Jika PSIS mengeluhkan kondisi udara di Palangkaraya karena asap, Kalteng Putra justru menghadapinya dengan santai.

"Kami yakin bisa, memang cuaca sedikit buruk karena asap. Tapi mudah-mudahan lebih baik saat pertandingan besok dan kami bisa dapat poin penuh," ungkap pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira.

Mantan pelatih Madura United ini menyerahkan sepenuhnya kepada operator kompetisi terkait gangguan asal atas status pertandingan melawan PSIS. Jika memang harus ditunda, Kalteng Putra tak keberatan.

"Kalau memang tidak memungkinkan ya tidak digelar. tapi kalaupun tidak masalah dan bisa dilaksanakan ya tidak apa-apa, kami mengikuti saja," ucap Gomes. (int/*)