PSMS Medan 1-1 Semen Padang FC

Legimin Apresiasi Perjuangan Spartan Anak Asuhnya

MEDANSPORT.ID- MEDAN- PSMS Medan harus puas mendapatkan poin satu setelah ditahan imbang tamunya Semen Padang FC 1-1, dalam lanjutan babak 12 besar gruf X Liga 2 musim 2023/2024.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam, Senin (22/1/2024) sore, anak asuh Legimin Rahardjo sempat unggul pada babak pertama lewat kaki pemain mudanya, Muhammad Ikhsan Chan pada menit 32'.

Ikhsan berhasil melesakkan tendangan keras dari luar kotak penalti lawan dan membawa keunggulan sementara bagi tuan rumah PSMS Medan.

Dua menit berselang, PSMS diuntungkan setelah pemain belakang Semen Padang Syaiful Ramadhan dikeluarkan akibat akumulasi yang diterimanya pada menit 43'. Hingga pluit tanda berakhirnya pertandinga ditiup sang pengadil lapangan, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan sementara PSMS Medan.

Sayang keunggulan itu tak bertahan. Memasuki awal babak kedua, PSMS harus menerima pil pahit usai gawang yang dikawal Abdul Rohim kebobolan lewat sundulan yang dilesakkan Vivi Asriza pada menit 50'.

Gol itu pun didapat tak lama setelah pemain PSMS, Martua Sandeni Sidabutar dikeluarkan setelah mendapatkan akumulasi kartu pada menit 48'.

Sejumlah keputusan wasit Hamdi yang memimpin jalannya laga dinilai penuh kontroversi dan merugikan tuan rumah.

Alhasil emosi pemain tak terkontrol. Puncaknya, Yosep Ostanika Malau yang masuk menggantikan Muhammad Ikhsan pada 58' harus mendapatkan kartu merah satu menit setelah dirinya masuk.

Malau terlihat menyundul wajah pemain Semen Padang setelah sempat terjadi ketegangan antara keduanya.

Bertanding dengan sembilan pemain membuat PSMS tak mampu berbuat banyak. Permainan pantang menyerah yang ditunjukkan Ikhsan Pratama dkk hingga menit akhir tak merubah kedudukan 1-1 hingga berakhirnya laga.

Menyahuti laga itu, sang caretaker, Legimin Rahardjo mengapresiasi perjuangan anak asuhnya.

"Pertandingan yang menarik dengan adanya beberapa insiden dan berbagi kartu merah. Hasil memang mengecewakan kita lagi. Pertama kita minta maaf. Tapi pemain sudah bermain maksimal sampai menit terakhir. Untuk hari ini, inilah hasil maksimal yang bisa kami dapat," ujar Legimin.

Pelatih yang berstatus sebagai pengganti posisi Miftahuddin Mukson itu tak mau mengomentari kepemimpinan wasit pada laga itu.

"Mungkin saya tidak mau mengomentari itu. Kita sama-sama melihat bagaimana pertandingan. Kita bisa menilai masing-masing," katanya.

Sebenarnya bilang Legimin dirinya telah memberikan instruksi yang diikuti oleh pemain dengan baik.

Hanya saja ada perubahan dalam skema tim tak lama setelah Sandeni Sidabutar meraih kartu merah.

"Yang pasti ada perubahan dengan skema yang kita persiapkan di jeda babak pertama. Tiba-tiba ada kartu merah, cukup banyak mempengaruhi permainan," ujarnya.

Legimin memuji penampilan spartan anak asuhnya pada laga itu. Bahkan salah satu pemainnya, Munadi harus mendapatkan perawatan khusus oleh tim medis.

Munadi terus berjuang kendati kelelahan dan mengalami cedera serius pada bahu kirinya.

"Mungkin mereka termotivasi untuk menjaga dan membuktikan selama ini. Mereka sudah berusaha. Tapi memang hasil mengecewakan buat kita semua," ungkap Legimin.

Disinggung peluang lolos semifinal yang semakin berat, Legimin tak ingin berspekulasi.

"Kita belum melihat hitungan seperti apa. Nanti kita pelajari dulu. Tapi kita tetap yakin lolos, mau itu juara grup atau runner up. Kita berusaha maksimal sampai terakhir," ucapnya mengakhiri.

Laga itu sendiri berjalan alot dan keras yang diwarnai tiga kartu merah dan sembilan kartu kuning. (*)

Penulis: Bayu Lubis
Editor: Kesuma Ramadhan

Baca Juga