OLEH: Indra Efendi Rangkuti

Timnas Indonesia Asian Games 1986 (Didominasi Anak Medan & Sumut)

Timnas Indonesia di Asian Games 1986 (Berdiri Ki-Ka): Berti Tutuarima,Jaya Hartono, Ponirin Meka, Elly Idris, Adolf Kabo dan Zulkarnaen Lubis. (Jongkok Ki-Ka): Marzuki Nyakmad, Ricky Yakob, Sumardi, Abdul Rahman Gurning dan Robby Maruanaya.

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Sejak pertama kali berpartisipasi di Asian Games 1951, Timnas Indonesia terus berpartisipasi mengikuti cabang sepakbola di Asian Games 1954, 1958, 1962, 1966 dan 1970. Namun kemudian Indonesia absen di Asian Games 1974, 1978 dan 1982. Setelah absen di Asian Games 1974, 1978 dan 1982, Timnas Indonesia kembali tampil di Asian Games 1986 yang berlangsung di Seoul.

Sepanjang penyelenggaraan Asian Games prestasi terbaik Indonesia adalah meraih Medali Perunggu pada Asian Games 1958 yang berlangsung di Tokyo. Waktu itu skuad Indonesia yang dilatih Antun "Toni" Pogačnik menaklukkan India 4-1 dalam perebutan Medali Perunggu.

Pada Asian Games 1986 ini belum ada pembatasan umur para pemain yang membela Timnas. Pada Asian Games 1986 ini, PSSI menunjuk tokoh sepakbola Nasional asal Sumut A Wahab Abdi Simatupang sebagai Manajer Tim. Sebagai pelatih ditunjuk Bertje Matulapelwa dibantu Sarman Panggabean dan Sutan Harhara sebagai asisten
pelatih.

Jika pada Pra Piala Dunia 1986, Timnas didominasi oleh bintang – bintang dari kompetisi Galatama maka Timnas Asian Games 1986 ini diisi oleh perpaduan bintang – bintang terbaik dari kompetisi Divisi Utama Perserikatan PSSI dan kompetisi Galatama.

Pelatih Bertje Matulapelwa bersama asisten pelatih Sarman Panggabean mengawasi latihan Timnas Asian Games 1986.

Setelah melewati proses seleksi terpilih 19 pemain yang dibawa yaitu: Ponirin Meka (Persijatim), I Gusti Putu Yasa (Persebaya), Asmawi Jambak (Arseto), Berti Tutuarima (Persija), Abdul Rahman Gurning (PSMS), Marzuki Nyakmad (Persija), Robby Maruanaya (Pelita Jaya), Sutrisno (PSMS), Jaya Hartono (Niac Mitra), Robby Darwis (Persib), Sumardi (PSMS), Patar Tambunan (Persija), Yonas Sawor (Perseman), Zulkarnaen Lubis (KTB), Adityo Darmadi (Persija), Elly Idris (Pelita Jaya), Ricky Yakob (Arseto), Adolf Kabo (Perseman) dan Saut Lumbantobing (KTB).

Warna Medan dan Sumut cukup kental dalam Timnas ini karena 10 pemain dalam Timnas ini adalah anak – anak Medan dan Sumut. Selain Abdul Rahman Gurning, Sutrisno dan Sumardi yang membela panji PSMS, Timnas juga diperkuat oleh bintang – bintang yang dibesarkan oleh PSMS Medan yaitu: Ponirin Meka, Marzuki Nyakmad, Patar Tambunan, Jaya Hartono, Ricky Yakob dan Zulkarnaen Lubis.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis:

Baca Juga