Dirut PT KMI Tak Malu Akui Java Rekrutan Gagal, Cuma Sumbang 2 Gol Bagi PSMS

Striker asing PSMS Medan, Jose Valencia hengkang dan disebut rekrutan gagal PSMS musim ini. (Foto : Istimewa)

MEDANSPORT.ID-MEDAN-- Status Jose Valencia terkuak. Ternyata pemain asing itu telah hengkang.

Hal itu diungkapkan langsung Direktur Utama PT Kinantan Medan Indonesia (KMI), Arifuddin Maulana Basri.

Dirinya menyebutkan jika pemain asing asal Kolumbia itu tidak lagi menjadi bagian dari skuat Ayam Kinantan.

Bahkan, Arifuddin tak malu mengungkapkan jika kedatangan Jose Valencia adalah proses rekrutan gagal yang telah dilakukan pihaknya.

Alhasil, kini PSMS Medan hanya diperkuat satu pemain asing di tengah perjuangannya untuk menembus kasta tertinggi di tanah air.

Dikonfirmasi Rabu (10/1/2024), Arifuddin mengaku cukup banyak awak media yang menghubunginya terkait status Jose.

Dirinya mengungkapkan, pemain 32 tahun itu tak lagi bersama PSMS pasca menghadapi PSPS Pekanbaru, sejak Sabtu (9/12/2023) kemarin.

"Jose tidak lagi menjadi bagian di PSMS Medan dikarenakan keadaan Jose setelah laga melawan PSPS. Dia mengalami cedera. Jadi cederanya cedera lutut, yang setelah kita konsultasikan, Jose itu harus beristirahat dalam waktu hang lumayan panjang," ujarnya.

Kondisi itu membuat PSMS Medan mengambil keputusan untuk tidak melanjutkan kontrak Java, sapaan Jose Valencia.

"Jadi kita mengambil kesimpulan, tanggung jawab kita dan dia juga meminta kepada kita untuk diberi izin pergi berobat atau recovery terhadap kondisinya," ucap pria yang biasa disapa Ari itu.

Diakuinya, kepergian Jose membuat PSMS Medan kekurangan satu kuota pemain asing. Namun sayangnya, PSMS juga tidak bisa menambah pemain saat ini.

Ari juga tak keberatan jika perekrutan Jose dianggap gagal, kendati juga tidak membenarkannya.

"Apakah ini bentuk dari kegagalan rekrutmen, ya, bagaimana penilaiannya lah, tapi yang pasti pada saat medical check-up sebelum perekrutan, dia berada di kondisi yang baik. Tapi di saat bertanding dia ada masalah di kakinya terutama. Kita tak mau ambil risiko dan dia juga gak mau ambil risiko," ungkap Ari.

Usai diputus kontrak oleh PSMS Medan, Ari mengaku tak mengetahui di mana Jose berada.Sedangkan soal rumor pemain 190 Cm itu ke Qatar, Ari juga tak mengetahui.

"Dia datang baik-baik dia juga pergi dengan memberikan opsi kepada kita. Dia sampaikan dia tidak ingin cedera tapi saat cedera dia minta untuk pergi recovery. Rumor dia dapat klub di Qatar, saya tidak tahu," pungkasnya.

Sementara itu desas-desus menyebutkan jika Jose hengkang karena keinginannya membawa keluarganya ke Medan tak terpenuhi.

Terlepas dari kabar miring tersebut, kegagalan perekrutan semakin menguat karena kedatangan Jose tak membawa dampak berarti terhadap tim.

Kedatangan Striker berkenegaraan Kolombia pada paruh Liga 2 musim itu dipenuhi ekspektasi tinggi dari publik pecinta PSMS.

Pasalnya, Jose Valencia merupakan salah satu pemain yang mampu menjebol gawang sekaliber Iker Casillas. Saat itu dirinya berseragam Feirense, klub asal Portugal.

Momen itu terjadi saat FC Porto menjamu Feirense di lanjutan Liga Portugal pada tahun 2018.

Jose yang pernah menjadi pemain Timnas Kolombia U-20 itu mencetak gol lewat sundulan di menit ke-91 walaupun harus menyudahi laga dengan kekalahan 1-2.

Harapan besar Jose mampu menjadi mesin pencetak gol PSMS ternyata tak sesuai ekspektasi.

Jose tak mampu berbicara banyak di atas lapangan hijau. Dirinya hanya menyumbangkan dua gol dari enam laga yang dilakoni.

Satu gol diciptakannya saat mengalahkan Sada Sumut 2-1, dan satu gol lainnya dari titik penalti saat PSMS Medan takluk dari tamunya Semen Padang 1-2. (*)

Penulis: Kesuma Ramadhan

Baca Juga