Sport Industry

Salut!!! Alat Olahraga Boomerang Produksi Langkat Tembus Pasar Dunia

MEDANSPORT.ID - LANGKAT - Tak banyak tahu bahwa salah satu produksi alat olahraga Boomerang dibuat dari tangan-tangan cerdik putra Langkat. Olahraga Boomerang bahkan kini merupakan cabang olahraga Sport Industry.

Menurut Kadispora Langkat Ngaturken, permainan Boomerang pertama kali dibawa oleh Onnie Hass seorang pengrajin Boomerang yang berada di Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat pada tahun 1995.

Dia awalnya mulai membuat Boomerang hanya untuk pribadi dipakai sendiri. Kemudian pada Oktober 2016, Onnie Hass mulai membuat lagi, namun dibuat hanya untuk olahraga sendiri dan tidak diproduksi untuk umum.

Kemudian, tambah Ngaturken, setelah bermain selama 6 bulan di Alun-alun Stabat, masyarakat mulai bertanya dimana bisa mendapatkan Boomerang. Maka pada Februari 2017 dirinya mulai memproduksi dalam jumlah banyak
dan hanya untuk di dagangkan dengan menggelar lapak setiap sore di Alun- alun Stabat.

"Produksi Boomerang ini hanya untuk-anak anak dengan ring lima meter," ungkapnya.

Lalu pada 2018 mulai memproduksi Boomerang ring standart dan Boomerang jarak jauh. Barulah mulai mempromosikan melalui media sosial. Terus berjalan hingga mulai mengexport Boomerang produksi Langkat
(Boomerang handmade pada September 2019 hingga saat ini tahun 2022).

“Maka pada Mei 2022 ini, Boomerang Langkat menjalin kebersamaan dengan instansi pemerintah daerah melalui Dispora Langkat, untuk pengembangan olahraga Boomerang secara menyeluruh dan massal untuk di Langkat," ungkapnya.

Dispora Langkat juga mensupport dalam pengadaan Boomerang untuk di export ke negara Colombia melalui pendana dari tiga negara yaitu Jerman, Australia dan Amerika Serikat.

Kini penjualan Boomerang keluar negeri hingga tembus 9 negara. Sebagian dari hasil keuntungannya untuk kegiatan sosial, dengan memberikan santunan anak anak yatim piatu dan duafa.

Saat ini Onnie Hass bersama Dispora Langkat membuat satu kesepakatan nama menjadi “Boomerang Dispora Langkat" dan sedang memproduksi sebanyak 2.000 pcs untuk dikirim ke Negara Colombia

Atas keberhasilan itu pula, Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin SH memberikan suport. Dirinya bangga dengan karya putra Langkat yang sudah bisa menembus pasar internasional melalui Boomerang.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga