OLEH: Indra Efendi Rangkuti (Pemerhati Olahraga Sumut)

Kiprah Pemain PSMS Medan di SEA Games

Timnas Indonesia di SEA Games 1987. Berdiri Ki-Ka: Herry Kiswanto, M Yunus, Ribut Waidi, Ponirin Meka, Azhary Rangkuti dan Ricky Yacob (cpt). Jongkok Ki-Ka: Robby Darwis, Marzuki Nyakmad, Jaya Hartono, Budi Wahyono dan Rully Nere. Timnas ini didominasi oleh anak - anak Medan yang merupakan produk asli PSMS Medan.

MEDANSPORT.ID - MEDAN - SEA Games pertama kali digelar pada tahun 1959 di Bangkok Thailand.Pada awalnya ajang 2 tahunan ini dikenal dengan nama SEAP Games dan diikuti oleh 6 negara Asia Tenggara. Yaitu Burma (Myanmar), Kamboja, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Pada tahun 1977 SEAP Games berubah nama menjadi SEA Games seiring dengan diterimanya Indonesia, Brunei Darussalam dan Filipina. SEA Games 1977 ini digelar di Kuala Lumpur. Indonesia sendiri tampil superior dalam 18 olahraga yang dipertandingkan. Salah satu cabang olahraga yang diikuti oleh Indonesia adalah sepakbola. Pada waktu itu sepakbola belum mengenal batasan umur.

Sebagai salah satu kekuatan sepakbola Asia masa itu tentu Indonesia menjadi salah satu favorit meriah Medali Emas.Apalagi pada Pra Olimpiade 1976 Indonesia nyaris lolos ke Olimpiade.PSSI menunjuk Suardi Arland sebagai pelatih.

Sebagai salah satu kekuatan sepakbola di Indonesia pada era 70-an tentu menjadi pertanyaan apakah ada pemain PSMS Medan yang dipanggil memperkuat Timnas di SEA Games 1977 ini. Ternyata dalam skuad Timnas SEA Games 1977 ini tidak ada satupun pemain PSMS Medan yang dipanggil. Sementara di Pra Olimpiade 1976 ada 2 bintang PSMS yang dipanggil yaitu Nobon dan Taufik Lubis.

Namun walau begitu ada 3 pemain yang merupakan putra daerah Sumut yang dipanggil yaitu Ronny Pasla, Anjas Asmara dan Sudarno. Ronny Pasla adalah kiper yang membawa PSMS menjadi Juara Kejurnas PSSI 1967, 1969 dan 1971. Pada 1974 Ronny Pasla pindah ke Persija.Anjas Asmara sempat memperkuat PSMS Jr sebelum pindah ke Persija.

Effendi Marico, pemain PSMS pertama yang dipanggil memperkuat Timnas di SEA Games pada SEA Games 1979 di Jakarta.

Sudarno sendiri berasal dari Asahan dan kemudian pindah ke Padang dan Jakarta. Langkah Timnas Indonesia akhirnya terhenti di Semifinal saat melawan Thailand setelah pertandingan dihentikan pada menit ke-60 akibat terjadi perkelahian massal antara pemain. Indonesa kemudian dinyatakan kalah dalam Semifinal ini akibat pemain mogok bertanding setelah permintaan mengganti wasit ditolak.

Selanjutnya 1 2 3 4 5
Penulis:

Baca Juga