OLEH: Indra Efendi Rangkuti (Pemerhati Olahraga Sumut)

Kiprah Pemain PSMS Medan di SEA Games

Timnas Indonesia di SEA Games 1987. Berdiri Ki-Ka: Herry Kiswanto, M Yunus, Ribut Waidi, Ponirin Meka, Azhary Rangkuti dan Ricky Yacob (cpt). Jongkok Ki-Ka: Robby Darwis, Marzuki Nyakmad, Jaya Hartono, Budi Wahyono dan Rully Nere. Timnas ini didominasi oleh anak - anak Medan yang merupakan produk asli PSMS Medan.

Di SEA Games XXI yang digelar di Kuala Lumpur pada tahun 2001, PSSI menunjuk Benny Dollo sebagai pelatih. Pada SEA Games 2001 mulai berlaku Batasan usia 23 tahun bagi pemain yang berlaga di sepakbola SEA Games. Di Timnas ini ada 2 pemain PSMS yang dipanggil yaitu Edu Juanda dan Supriyono. Edu Juanda sendiri menjadi playmaker Timnas di SEA Games 2001 ini.

Sayang Langkah Timnas terhenti di Semifinal. Di SEA Games XXII yang digelar di Hanoi pada tahun 2003,PSSI menunjuk pelatih asal Moldova Serghei Dubrovin sebagai Pelatih. Di Timnas ini bintang muda PSMS Mahyadi Panggabean turut dipanggil.Sayang langkah Timnas tehenti di babak penyisihan grup.

Di SEA Games XXIII yang digelar di Manila,PSSI menunjuk pelatih asal Inggris Peter Withe sebagai pelatih. Di Timnas ini ada 2 bintang PSMS Medan yang dipanggil yaitu Mahyadi Panggabean dan Saktiawan Sinaga. Kedua pemain ini bahkan menjadi pemain inti di Timnas ini.Sayangnya langkah Timnas terhenti di Semifinal.

Di SEA Games XXV yang digelar di Laos pada tahun 2009, PSSI menunjuk pelatih asal Uruguay Alberto Bica sebagai pelatih. Di Timnas ini ada bintang PSMS Andhika Yudistira Lubis yang dipanggil. Sayang langkah Timnas terhenti di Penyisihan Grup.

Pertandingan PSMS Medan Vs Timnas SEA Games 1985. Dua kali ujicoba digelar. Di peetandingan pertama PSMS kalah 1-2 tapi di peetandingan ke-2 PSMS menaklukkan Timnas SEA Games 1985 dengan skor 2'-0.

SEA Games tahun 2009 ini adalah kali terakhir pemain PSMS dipanggil memperkuat Timnas di SEA Games.Hingga SEA Games ke -32 yang digelar di Kamboja tahun 2023 ini belum ada lagi pemain PSMS Medan yang dipanggil untuk memperkuat Timnas.Tentu ini membuat kita prihatin. Semoga suatu saat akan ada lagi bintang PSMS Medan yang dipanggil memperkuat Timnas di SEA Games dan turnamen-turnamen lainnya yang diikuti Timnas. (*)

Selanjutnya 1 2 3 4 5
Penulis:

Baca Juga