OLEH: Indra Efendi Rangkuti (Pemerhati Olahraga Sumut)

Kiprah Pemain PSMS Medan di SEA Games

Timnas Indonesia di SEA Games 1987. Berdiri Ki-Ka: Herry Kiswanto, M Yunus, Ribut Waidi, Ponirin Meka, Azhary Rangkuti dan Ricky Yacob (cpt). Jongkok Ki-Ka: Robby Darwis, Marzuki Nyakmad, Jaya Hartono, Budi Wahyono dan Rully Nere. Timnas ini didominasi oleh anak - anak Medan yang merupakan produk asli PSMS Medan.

Padahal pada 1985 ini PSMS Medan menjadi Juara Divisi Utama Perserikatan PSSI 1985 setelah di Final menaklukkan Persib lewat adu penalti dan pada PON 1985 skuad PSMS medan yang membela Tim PON Sumut sukses meraih Medali Emas setelah di Final menaklukkan Irian Jaya (Papua) lewat adu penalti. Dalam 2 kali ujicoba antara PSMS melawan skuad Timnas SEA Games 1985 terbukti bahwa skuad PSMS tidak kalah kwalitas dari Timnas SEA Games 1985 ini.

Pada ujicoba pertama di Teladan PSMS memang kalah 1-2 tapi di ujicoba kedua yang digelar di Stadion Menteng PSMS sukses melibas Timnas SEA Games 1985 dengan skor 2-0.

Meski pun begitu di Timnas SEA Games 1985 ini ada beberapa pemain yang pernah dibina di PSMS sebelum mereka hijrah ke klub dan daerah lain. Pemain-pemain tersebut adalah Donny Latuperissa, Marzuki Nyakmad, Azhari Rangkuti dan Patar Tambunan.

Akhirnya Langkah Timnas di SEA Games 1985 terhenti di semifinal setelah takluk 0-7 dari tuan rumah Thailand dan dalam perebutan medali perunggu juga kalah dari Malaysia.

Di SEA Games XIV yang digelar di Jakarta tahun 1987,PSSI menunjuk Bertje Matulapelwa sebagai pelatih didampingi Legenda PSMS Sarman Panggabean dan Legenda Persija Sutan Harhara sebagai asisten pelatih. Tampil sebagai Manajer Tim adalah mantan Ketua Umum PSMS Medan Wahab Abdi Simatupang. Di Timnas ini Bertje memanggil bintang PSMS Medan Sutrisno.

Aksi Mahyadi Panggabean memperkuat Timnas di SEA Games 2003 di Hanoi.

Selain itu Timnas ini juga diperkuat pemain-pemain yang asli binaan PSMS Medan di awal karir mereka yaitu Ponirin Meka, Patar Tambunan, Jaya Hartono, Azhari Rangkuti, Marzuki Nyakmad dan Ricky Yacob. Selain itu juga ada bintang Arseto Solo yang di awal karirnya dibina di PSKB Binjai yaitu Nasrul Koto.

Selanjutnya 1 2 3 4 5
Penulis:

Baca Juga