OLEH: Indra Efendi Rangkuti

Mengenang ‘Playmaker Elegan’ Zulham Effendi Harahap

Zulham Efendi kala berkostum Timnas,

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Zulham Effendi Harahap adalah salah satu bintang legendaris PSMS dan Timnas Indonesia era akhir 70-an dan awal 80-an. Dirinya juga dikenal sebagai salah satu playmaker terbaik yang dimiliki Indonesia. Zulham Effendi Harahap lahir di Medan pada 9 Desember 1956.Dirinya merupakan anak kedua dari 6 bersaudara. Ayahnya Marzuki Harahap adalah seorang guru. Sejak kecil dirinya sudah hobi bermain sepakbola bersama teman – teman sepermainannya di daerah tempat tinggalnya di Brayan Bengkel Medan.

Bakatnya yang besar kemudian terpantau oleh tokoh sepakbola Medan yang membina klub Medan Utara yaitu Umar Chattab pada saat dirinya duduk di Kelas 2 SMP. Di Medan Utara inilah bakat dan kemampuannnya digembeleng. Umar Chattab adalah ayah dari legenda Persija dan Timnas Anjas Asmara.

Umar Chattab juga adalah sosok yang berperan besar mengasuh dan mengorbitkan sosok yang kelak menjadi Legenda PSMS dan Timnas Nobon. Ketenaran Nobon yang asli anak Brayan Bengkel yang menjadi salah satu motivasi bagi Zulham untuk menjadi pesepakbola top dan terkenal.

Pada tahun 1974 dirinya pun kemudian dipanggil oleh PSMS. Bakatnya dilirik oleh Pelatih Zulkarnaen Nasution yang waktu itu menangani PSMS. Kemampuannya yang piawai dalam mengatur serangan ketika membela Medan Utara di kompetisi PSMS walau usianya masih sangat muda memikat hati pelatih PSMS waktu itu.

PSMS MEDAN 1979: Berdiri Ki-Ka: Nobon, Ismail Ruslan, Effendi Maricho, Taufik Lubis, Budi Trapsilo, Zulham Effendi Harahap, Sakirman Saswa. (Jongkok Ki-Ka): Mariadi, Suparjo, Suwarno, Sunardi B.

Walau masih sering menjadi pelapis karena pada masa itu PSMS masih dihuni gelandang – gelandang hebat seperti Nobon, Parlin Siagian, Sarman Panggabean, Wibisono dan lainnya, tapi Zulham tidak terlihat canggung ketika dipercaya turun berkostum PSMS waktu itu. Penampilannya yang menjanjikan bersama PSMS Medan membuat dirinya dipanggil ke Timnas untuk memperkuat PSSI Junior pada 1976.

Selanjutnya 1 2 3 4 5