Catatan: Indra Efendi Rangkuti (Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut)

Peran Frank Rijkaard Dalam Karir Lionel Messi

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Lionel Messi baru saja mengakhiri penantian panjang dalam karirnya untuk meraih Juara Piala Dunia, Minggu (18/12/2022). Lionel Messi akhirnya sukses membawa Argentina meriah gelar Juara Piala Dunia untuk ketiga kalinya setelah di Final menaklukkan juara bertahan Prancis melalui drama adu penalti setelah dalam babak normal dan perpanjangan waktu imbang 3-3.

Sepanjang karirnya Lionel Messi sudah meraih 7 kali Ballon D’Or.Messi juga membawa Barcelona merengkuh Juara Champions League 4 kali, 10 kali Juara La Liga dan banyak lagi gelar-gelar bergengsi lainnya. Bersama Timnas Argentina Messi sukses meraih Juara Piala Dunia U-20 tahun 2005, Medali Emas Olimpiade 2008, Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022.

Menilik ke belakang banyak sosok yang berperan dalam kesuksesan Messi meniti karir di sepakbola. Mulai dari Carles Rexach yang menemukan bakatnya di Argentina dan membawanya ke akademi Barcelona, Josep Guardiola pelatihnya di Barcelona Jr dan Barcelona senior dan sosok-sosok lainnya.

Namun ada satu sosok yang paling pantas mendapat apresiasi atas keputusan beraninya menarik Messi muda yang waktu itu baru berusia 17 tahun ke tim utama Barcelona setelah melihat kemampuannya ketika memperkuat Blaugrana Jr.

Ya, dia adalah Legenda AC Milan dan Timnas Belanda Frank Rijkaard yang melatih Barcelona pada periode 2003 – 2008. Messi yang ketika itu berusia 13 tahun ahirnya diboyong oleh Carles Rexach ke akademi “La Masia” Barcelona. Messi terbang ke Spanyol bersama ayahnya. Hati bocah ini sempat galau karena keberangkatannya ke Barcelona tidak didampingi oleh ibundanya tercinta.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga