PON XXI 2024: Sumut Siapkan 5 Hotel Bintang 5, 15 Bintang 4 dan 31 Bintang 3

Fasilitas hotel bintang 5 disiapkan Pemprov Sumut dalam gelaran PON XXI 2024.

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Secara sah Menpora Zainuddin Amali telah 'mengetuk' tanda kesiapan pelaksanaan PON ke XXI 2024 yang digelar di Sumut dan Aceh. Dan, baik Sumut serta juga perlahan melakukan perbaikan, renovasi bahkan penambahan venue pada event empat tahunan antar provinsi tersebut.

Demi kenyamanan para atlet yang berlaga, Pemprovsu Sumut telah menyiapkan berbagai fasilitas. Mulai dari hotel berbintang 5 hingga berbintang tiga yang ada di sejumlah daerah.

"Kita telah menyiapkan lima hotel bintang lima di Medan, 15 bintang empat dan 31 bintang tiga. Di luar Kota Medan ada enam hotel bintang lima dan sembilan hotel bintang tiga, yang berlokasi di Brastagi dan Danau Toba," terang Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, kemarin.

Bukan hanya itu, Sumut juga sudah mempersiapkan transportasi dan juga fasilitas kesehatan yang cukup. "Total ada 12 rumah sakit yang siap untuk mendukung kesuksesan PON Aceh-Sumut," ucapnya.

Saat ini Pemprov Sumut, menurut dia telah menyiapkan lahan sekitar 300 hektare di Kabupaten Deli Serdang untuk pembangunan Sport Centre dan juga venue yang berada di luar Sport Centre.

Terpisah, Menpora mengatakan pada PON XXI ini, nantinya pembagian venue akan dibagi di Sumut dan Aceh.

"Dari 67 cabang olahraga, disepakati Aceh gelar 33 cabang olahraga dan Sumut 34 cabang olahraga. Teknisnya, pembukaan di Aceh sementara penutupan di Sumut," kata dia.

Pada PON XXI ini akan dilakukan pembinaan terjadap atlet. Pembinaan akan dilakukan di setiap provinsi. "Agar meraih prestasi yang sebenarnya, PON ini kan untuk mengukur prestasi dari pembinaan," kata dia. (***)

Penulis:

Baca Juga