*Peparnas XVI Papua

Atletik Tambah 2 Emas, Eko Berhasil Pecahkan Rekor

MEDANSPORT.ID- JAYAPURA--Altet Sprint Sumatera Utara, Eko Saputra sukses pecahkan rekor Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di nomor lari 100 meter T12 putra. Partai final yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Rabu (10/11/2021) sore, Eko mampu mencatatkan waktu tercepat 11,28 detik.

Eko sukses pecahkan rekor yang sebelumnya diraih Harjono Tarihoran dengan catatan sebelumnya 12,06 detik di Peparnas 2012 Riau. Sementara medali perak menjadi milik Abie Ajie asal Jawa Barat dengan catatan waktu 11,85 detik. Sedangkan perunggu direbut Petrus K Alupan asal Nusa Tenggara Timur dengan catatan waktu 12,01 detik.

Eko mengucap syukur akhirnya bisa memecahkan rekor Peparnas. Meski catatan waktu tersebut bukan personal best miliknya.

"Personal best saya sebenarnya 11,20 detik. Mudah - mudahan ke depan dengan latihan keras dan rutin, saya bisa perbaiki limit saya," ujar Eko.

Secara khusus medali emas Eko persembahkan untuk sang ibu dan mertuanya yang selama ini telah menjadi pahlawan dalam mendukung dirinya hingga bisa sampai ke fase saat ini.

Momentum hari pahlawan dimaknai peraih perak Asian Para Games ini untuk menghargai perjuangan atlet - atlet dalam mengharumkan nama daerah dan juga negara.

"Seorang pejuang dalam olahraga tentu tidak bisa digapai dengan mudah. Butuh kerja keras. Sosok orang tua selama ini juga menjadi pahlawan dalam mendukung saya sebagai atlet," ujar Eko.

Medali emas kedua juga dipersembahkan melalui nomor tolak peluru putra. M Chairul yang turun di final tolak peluru F47 putra, mencatatkan tolakan terjauh 10,84 meter. Chairul tampak suka cita usai perlombaan. Sebab, harapan medali di nomor tersebut akhirnya tercapai.

"Alhamdulillah, akhirnya bisa dapat emas di nomor tolak peluru. Ini kado di hari pahlawan bagi saya untuk tidak menyerah dalam kondisi apapun," ungkap Chairul.

Sumut juga menambah medali perak melalui Pamelius Giawa di nomor lari 1.500 meter F13 putra putra dengan catatan waktu. Medali perak juga diraih Indra Sakti Bako di nomor balap kursi roda T54 putra. Muammar Habibillah di nomor lari 100 meter T13 putra juga meraih perak dengan catatan waktu 11,67 detik. Emas menjadi milik atlet Jabar, Arasy Akbar Witarsa dengan waktu 11,51 detik. Sedangkan perunggu direbut atlet DKI Jakarta Marcelino Runga dengan waktu 11,92 detik. Medali perak juga dipersembahkan Rizky bustami Tolak peluru F56 Putra. Rizky mampu melakukan lemparan sejauh 9,12 meter. Kemudian Dedi Surya Sitorus di lompat jauh T+54 putra juga sukses meraih perak. Dedi mampu mencatatkan lompatan sejauh 6,28 meter.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Kesuma Ramadhan

Baca Juga