Peparnas XVI Papua 2021

Posisi Sumut Turun Satu Tingkat

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Kontingen Sumatera Utara (Sumut) pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 Papua, kini turun satu tingkat. Posisi Sumut yang sebelumnya berada di peringkat ketiga klasemen sementara itu harus rela menyerahkan singgasananya kepada kontingen Jawa Tengah.

Pun demikian masih ada sejumlah peluang untuk menambah pundi-pundi medali di cabang olahraga atletik. Seperti nomor sprint putra- putri, lempar lembing, cakram, tolak peluru dan lompat jauh.

Sedangkan tuan rumah, Papua hingga kemarin, masih kokoh di puncak dengan torehan 28 emas, 18 perak, dan 18 perunggu. Pencapaian ini diperoleh dari cabor renang, atletik, panahan, dan judo.

Pada cabang olahraga renang, Papua mendulang tujuh medali dengan rincian enam emas dan satu perak. Sementara panahan, Bumi Cenderawasih meriah tujuh medali emas.

Sementara itu, Jawa Barat berada di urutan kedua dengan mengoleksi 17 emas, 14 perak, dan 15 perunggu. Juara umum Peparnas 2016 ini mendulang emas dari arena atletik, renang, judo, dan anggar.

Peringkat tiga di tempati Jawa Tengah dengan koleksi 14 emas, 12 perak, dan 12 perunggu. Nah, kontingen Sumatera Utara berada di posisi keempat yang berjumlah 26 medali (13 emas, 10 perak dan 3 perunggu).

Selanjutnya diikuti Kalimantan Selatan (7 emas, 6 perak, 12 perunggu), Riau (6 emas, 7 perak, 3 perunggu), DKI Jakarta (5 emas, 1 perak, 4 perunggu), Jambi (4 emas, 5 perak, 3 perunggu), Papua Barat (4 emas, 3 perak, 1 perunggu) serta Kalimantan Barat (4 emas, 2 perak dan 1 perunggu).

Penulis: Win
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga