Oleh : Indra Efendi Rangkuti

PREDIKSI JERMAN Vs HUNGARIA

MEDANSPORT.ID-MEDAN-Jerman akan berhadapan dengam Hungaria akan di matchday 2 Grup A Piala Eropa 2024 pada Rabu, 19 Juni 2024, pukul 23.00 WIB di MHP Arena, Stuttgart.

Secara keseluruhan Jerman dan Hungaria telah bertemu sebanyak 37 kali di seluruh ajang. Hasilnya adalah Jerman mencatat 13 kemenangan,Hungaria merebut 12 kemenangan dan 12 laga berakhir imbang.

Kedua tim pernah bertemu di babak penyisihan grup EURO 2020. Mereka saling berbagi poin usai bermain imbang 2-2 di Allianz Arena, Munchen.Laga Jerman dan Hungaria kembali tersaji 2 kali di ajang UEFA Nations League. Hungaria sukses memetik 1 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Catatan apik Hungaria atas Jerman adalah modal yang bagus jelang laga melawan Jerman ini.Tapi melihat performa terakhir kedua tim di laga perdana bukan hal yang mudah bagi Hungaria meraih hasil postif melawan Jerman di laga ini.Walau demikian ada catatan positif untuk Hungaria karena Jerman terakhir kali menang kontra Hungaria dalam laga uji coba yang berakhir dengan skor 2-0 pada 2016.

Jerman sendiri sukses melibas Skotlandia 5-1 di laga perdana Grup A.Sedangkan harus mengakui keunggulan Swiss lewat skor 3-1 dalam laga perdana mereka.

Hungaria masih memiliki peluang lolos babak 16 besar. Syaratnya, Dominik Szoboszlai dan kawan-kawan harus mengamankan poin penuh di 2 laga sisa penyisihan grup. Salah satunya melawan Jerman.

Jerman sendiri membutuhkan kemenangan atas Hungaria untuk memuluskan langkah ke 16 Besar.Pelatih Jerman Nagelsmann sendiri yakin akan performa anak asuhnya untuk meraih kemenangan di laga ini. Pelatih Hungaria Marco Rossi sendiri mengakui keunggulan Jerman tapi bukan berarti Hungaria akan menyerah begitu saja kepada Jerman.Mereka siap beradu kekuatan di laga ini.

Bintang Real Madrid Toni Kroos bakal menjadi pemain kunci Jerman di laga ini. Kehadirannya di lini tengah membuat sirkulasi bola berjalan lebih cepat. Menurut catatan Whoscored, Kroos melakukan 102 percobaan passing dan hanya 1 saja yang dinyatakan gagal mencapai sasaran.

Jerman mengandalkan formasi 4-2-3-1 dengan Kai Havertz sebagai ujung tombak. Alternatif lainnya adalah Niclas Fullkrug, didukung oleh playmaker berbakat seperti Florian Wirtz, Ilkay Gundogan, dan Jamal Musiala. Performa gemilang mereka saat mengalahkan Skotlandia menjadi bukti bahwa Jerman berada dalam kondisi terbaik.

Hungaria yang bermain dengan formasi 3-4-2-1, akan mengandalkan Barnabas Varga sebagai penyerang tunggal. Dominik Szoboszlai, salah satu pemain kunci, diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dengan kemampuan individual dan kreativitasnya.

Di laga ini, Jerman diperkirakan akan menurunkan susunan pemain yang sama seperti saat mengalahkan Skotlandia. Manuel Neuer akan tetap menjadi andalan di bawah mistar gawang, dengan barisan pertahanan yang diisi oleh Joshua Kimmich, Antonio Rüdiger, Jonathan Tah, dan Maximilian Mittelstädt. Di lini tengah, duet Robert Andrich dan Toni Kroos akan menjadi jangkar, sementara Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, dan Florian Wirtz akan mendukung Kai Havertz di lini depan.

Hungaria juga diperkirakan tidak akan banyak melakukan perubahan dalam susunan pemainnya. Péter Gulácsi akan kembali menjadi penjaga gawang utama, didukung oleh trio bek Ádám Lang, Willi Orbán, dan Attila Szalai. Di lini tengah, Attila Fiola, Ádám Nagy, András Schäfer, dan Miloš Kerkez akan berusaha menguasai permainan dan memberikan dukungan kepada Roland Sallai dan Dominik Szoboszlai, yang akan bermain.

Menarik untuk ditunggu laga kedua negara ini.Jerman ingin menunjukkan hegemoninya di grup A dengan meraih kemenangan.Sedangkan Hungaria termotivasi untuk menebus kekalahannya di laga perdana dengan meraih hasil positif melawan Jerman yang pastinya didukung penuh oleh publik.

Melihat fakta - fakta ini saya memprediksi Jerman akan meraih kemenangan atas Hungaria ini.Tapi melihat motivasi tinggi dari Hungaria tidak menutup kemungkinan laga akan berakhir imbang.