Oleh : Indra Efendi Rangkuti

PREDIKSI PORTUGAL Vs CEKO

MEDANSPORT.ID-MEDAN-Portugal akan mengawali perjuangannya di Grup F Piala Eropa 2024 menghadapi Ceko. Pertandingan keduanya digelar di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Rabu 19 Juni 2024 dini hari, pukul 02.00 WIB.

Portugal dan Ceko sudah pernah 5 kali berhadapan sebelumnya.Empat kemenangan diraih Portugal dan sekali kemenangan diraih Ceko. Catatan itu tentu berguna bagi Portugal jelang pertemuannya dengan Ceko di Grup F EURO 2024 nanti.

Yang menarik adalah tiga dari lima pertemuan Portugal dengan Ceko selama ini terjadi di putaran final Piala Eropa. 2 kali kemenangan diraih oleh Portugal dan sekali diraih Ceko.

Kemenangan diraih Ceko pada perjumpaan pertama mereka di Piala Eropa 1996.Momen itu terjadi di perempat final EURO 1996 dengan kemenangan Ceko 1-0 atas skuad yang disebut "Generasi Emas" Portugal yang sukses membawa Portugal Juara Piala Dunia U20 1989 dan 1991.Saat itu Portugal diperkuat Rui Costa,Luis Figo,Paulo Sousa,Fernando Couto dll.

Ceko yang saat itu diperkuat Vladimir Smicer,Pavel Nedved,Patrik Berger,Karel Poborsky dll unggul atas Portugal 1-0 lewat gol Karel Poborsky.Di Euro 1996 ini pula Ceko melaju hingga Final dan takluk dari Jerman.

Menghadapi Ceko di laga perdana Grup F ini, Portugal lebih diunggulkan bisa memetik kemenangan meski tidak mudah. Komposisi pemain yang lebih bagus, membuat Portugal diperkirakan mampu meraih poin penuh di laga pembuka. Apalagi ini adalah Piala Eropa terakhir bagi mega bintang mereka Cristiano Ronaldo.Tentu Ronaldo ingin mempersembahkan yang terbaik bagi Portugal seperti ketika dirinya sukses membawa Portugal menjadi Juara Piala Eropa 2016 lalu.

Laga nanti juga menarik karena ada kemungkinan sejarah baru dicatat dengan lahirnya pencetak gol tertua di Piala Eropa.Jika diturunkan Cristiano Ronaldo yang berusia 39 tahun dan Pepe yang berusia 41 tahun berpeluang mencetak sejarah tersebut. Saat ini, rekor pencetak gol tertua masih dipegang striker Austria Ivica Vastic (38 tahun) di Piala Eropa 2008. Catatan itu dicetak Ivica Astic ketika mencetak gol di injury time penyisihan grup Piala Eropa 2008 melawan Polandia.Kala itu Ivica Astic mencetak gol lewat penalti yang membuat skor imbang 1-1 melawan Polandia.

Satu catatan yang menarik pada pertemuan kedua tim nanti adalah pertemuan Patrik Schick di kubu Ceko dan Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal. Kedua pemain menyandang gelar top skor bersama di EURO 2020 lalu dengan masing-masing 5 gol. Jika keduanya tampil dan bisa kembali produktif, laga ini tentu lebih menarik untuk disaksikan.Apalagi Patrick Shick yang mencetak 7 gol di Bundesliga musim 2023/2024 adalah salah satu bintang yang berperan membawa Bayer Leverkusen menjadi Juara Bundesliga musim 2023/2024 dan Runner Up Liga Europa 2024.Tentu ini menjadi motivasi tambahan bagi Patrick Shick untuk membawa Ceko sukses di Jerman.

Portugal yang tampil apik sepanjang babak kualifikasi bertekad melanjutkan tren positif mereka di putaran final EURO 2024.Portugal adalah tim yang berhasil lolos ke putaran final Euro 2024 dengan catatan sempurna di Grup J Kualifikasi Euro 2024, meraih 10 kemenangan dari 10 laga. Mereka lolos dengan torehan fantastis memasukkan 36 gol dan hanya kebobolan 2 gol.

Pelatih Portugal Roberto Martinez mampu memadukan Ronaldo dan Pepe dengan bintang - bintang muda yang rata - rata di bawah 23 tahun seperti Antonio Silva, Nuno Mendes, Joao Neves, Francisco Conceicao dan Goncalo Ramos. Sang pelatih pun berharap mereka bisa menimba ilmu dari Ronaldo dan Pepe.

Republik Ceko lolos ke Euro 2024 usai finis sebagai runner-up Grup E pada babak kualifikasi. Republik Ceko meraih 15 poin dari delapan laga yang dimainkan, hanya sekali kalah. Meski lolos ke Euro 2024, Republik Ceko disorot tajam karena performanya selama kualifikasi dinilai tidak meyakinkan. Mereka cuma menang empat kali dari delapan pertandingan. Bahkan sang pelatih Jaroslav Silhavy mengumumkan secara mengejutkan mundur usai membawa Ceko lolos ke Euro 2024. Silhavy mundur karena tidak kuat menanggung tekanan berat berlaga di Euro 2024 di usianya yang sudah 63 tahun.

Ivan Hasek tampil sebagai pelatih baru Ceko sejak Maret 2024.Dalam masa persiapan Hasek mampu membawa Ceko meraih hasil sempurna dalam 4 laga ujicoba.Ceko sukses menaklukkan Norwegia,Armenia,Malta dan Makedonia Utara di laga ujicoba. Walau demikian kualitas Portugal jelas di atas lawan - lawan ujicoba Portugal tersebut.

Walau mengakui Portugal lebih baik dari Ceko,Ivan Hasek mengaku siap memberi perlawanan kepada Portugal.Apalagi dirinya terinspirasi dari kesuksesan Sovenia yang menaklukkan Portugal 2-0 pada 27 Maret 2024 dan Kroasia yang menaklukkan Portugal 2-1 pada 8 Juni 2024 lalu di laga ujicoba."Portugal memang hebat tapi bukan berarti tidak bisa ditaklukkan" ujar Hasek.

Melihat fakta - fakta di atas saya memprediksi laga akan berlangsung ketat dan menarik.Walau demikian Portugal layak diunggulkan untuk menang melawan Ceko di pertandingan ini.