Pengamat Sepak Bola Sumut Indra Efendi Rangkuti Prediksi Pertandingan Antara Indonesia VS Uzbekistan

MEDANSPORT.ID-MEDAN - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Uzbekistan pada Babak Semifinal AFC U23 Cup 2024.Dijadwalkan duel Timnas Indonesia vs Uzbekistan akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, akan berlangsung pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Tercatat Indonesia dan Uzbekistan sudah pernah bertemu sebanyak 6 kali dalam segala kategori umur.Dalam 6 kali pertemuan itu Timnas Indoensia belum sekalipun meraih kemenangan.

Pertemuan pertama Indonesia dan Uzbekistan terjadi pada 1 Juni 1997 Grup 5 putaran pertama Pra Piala Dunia 1998 Zona Asia. Ketika itu Indonesia dan Uzbekistan harus puas bermain imbang dengan skor 1-1.

Kemudian, kedua negara kemudian kembali berhadapan pada 20 Juni 1997 masih dalam lanjutan Grup 5 putaran pertama Pra Piala Dunia 1998 Zona Asia. Hasilnya Timnas Indonesia yang waktu itu diperkuat Hendro Kartiko,Bima Sakti,Aji Santoso,Widodo C.Putra,Rochy Putiray dll harus takluk atas Uzbekistan dengan skor 0-3.

Kemudian pada 3 Mei 2018 Timnas U23 Indonesia bertanding dengan Timnas Uzbekistan pada laga persahabatan.Hasilnya kedua tim bermain imbang 0-0.Terakhir pada Piala Asia U20 tanggal 7 Maret 2023 lalu Timnas Indonesia yang waktu dilatih Shin Tae Yong berhadapan dengan Uzbekistan pada laga akhir Grup A Piala Asia U20.Hasilnya kedua tim kembali bermain imbang 0-0.

Pada 28 September 2023 kedua tim kembali bertemu di 16 Besar Asian Games 2022 dan Indonesia yang waktu itu dilatih Indra Sjafri takluk 0-2 dari Uzbekistan.Dan pertemuan terakhir terjadi pada laga ujicoba Timnas U20 bertemu Uzbekistan U20 di Jakarta pada 30 Januari 2024 dan kembali Timnas takluk 2-3.Tentu kedua tim sedikit banyak sudah saling mengetahui kekuatan dan kelemahan masing – masing tim.

Jika melihat dari head to head kedua tim,jelas Uzbekistan lebih diunggulkan atas Indonesia.Apalagi Uzbekistan lolos ke 8 Besar dengan status Juara Grup D dengan menyapu bersih 3 laga melawan Malaysia,Kuwait dan Vietnam dengan skor besar dan tanpa kebobolan.Di 8 Besar Uzbekistan sukses menyingkirkan Arab Saudi 2-0.Sedangkan Indonesia lolos ke 8 Besar dengan status Runner Up Grup A .Pada laga pertama Grup A Timnas Indonesia takluk 0-2 dari tuan rumah Qatar namun di laga kedua Timnas justru menang melawan Australia 1-0 dan pada laga terakhir penyisihan grup dengan gemilang menaklukkan Yordania 4-1.Di 8 Besar skuad asuhan Shin Tae Yong (STY) membuat kejutan besar dengan menyingkirkan salah satu kekuatan utama sepakbola Asia Korea Selatan melalui drama adu penalti 11-10 setelah di babak normal dan perpanjangan waktu bermain imbang 2-2.

Uzbekistan termasuk salah satu kekuatan sepak bola di Asia. Cara bermain mereka menyerupai tim-tim Eropa Timur yang mengandalkan fisik dan stamina yang kuat serta umpan-umpan satu dua sentuhan yang sangat akurat.

Skuad asuhan Timur Kapadze yang juga membawa Uzbekistan meraih Medali Perunggu Asian Games 2023 lalu ini memiliki pemain-pemain bagus dengan skill yang mumpuni dan turut memperkuat Timnas Uzbekistan di Asian Games 2023. Nama -nama seperti Khojimat Erkinov,Ibrokhimkhalil Yuldosev,Ulugbek Khosimov,Mukhammadkodir Kamraliev,Vladimir Nazarov,Ruslanbek Jiyanov, Khusayin Norchaev dan Khamidullo Abdunabiev adalah bintang - bintang yang memperkuat Uzbekistan di Asian Games 2023 lalu dan tampil ketika berlaga dengan Indonesia saat itu.

Indonesia sendiri diperkuat oleh beberapa pemain yang pernah melawan Uzbekistan di Asian Games 2023 lalu seperti Ernando Ari,M.Adi Satriyo,Bagas Kaffa,Donny Tri Pamungkas,Rizki Ridho dan Ramadhan Sananta.Tentu gaya permainan Uzbekistan sudah mereka fahami.

Uzbekistan juga punya skenario bola mati yang bisa membahayakan Indonesia. Mereka berbahaya saat tendangan bebas dan sepak pojok. Dengan pemain-pemain seperti itu, Indonesia harus waspada. Apalagi Uzbekistan punya serangan balik mematikan.Jika tidak hati - hati ini bisa jadi bumerang buat Indonesia seperti gol balasan kedua dari Korsel. Apalagi para pemain Indonesia sering berlama – lama menahan bola dan cenderung lamban dalam mengambil keputusan untuk mengumpan atau menembak.Jika ini tidak diatasi maka akan menjadi “makanan empuk” bagi lini serang Uzbekistan.

Indonesia juga menghadapi ujian berat dengan absennya Rafael Struick yang mencetak 2 gol melawan Korsel di 8 besar akibat akumulasi kartu. Tentu tugas berat bagi STY untuk memilih Ramadhan Sananta,Hoki Caraka dan Kelly Sroyer untuk menjadi juru gedor utama di Semifinal ini.Apalagi kokohnya lini belakang Uzbekistan yang belum kebobolan hingga 8 besar sudah cukup teruji.

Namun hadirnya bintang - bintang diaspora yang tampil memukau seperti Ivan Jenner,Justin Hubner dan Nathsn Tjoe A-On tentu menjadi modal penting.Apalagi mereka tertempa di kompetisi Eropa yang kompetitif.

Indonesia juga perlu waspada dengan catatan impresif yang dimiliki oleh pelatih Uzbekistan Timur Kapadze.Strateginya yang tajam dalam menyerang sudah teruji dengan lahirnya 12 gol dari 4 pertandingan yang dijalani Uzbekistan di AFC U23 Cup 2024 ini

Ini membuktikan skuad asuhan Timur Kapadze ini memiliki lini serang yang “mematikan” dan lini pertahanan yang kokoh.Tentu bukan tugas ringan bagi skuad asuhan STY untuk menghadang serangan sekaligus membongkar pertahanan Uzbekistan di Semifinal nanti

Dengan melihat fakta – fakta ini jelas Uzbekistan sedikit diunggulkan untuk menang atas Indonesia.Namun jika Timnas mampu menahan gempuran Uzbekistan hingga babak perpanjangan waktu dan adu penalti tentu Indonesia memiliki peluang untuk menang.Apalagi jika Sananta yang juga jago dalam mengeksekusi bola – bola mati mampu memperlihatkan “magisnya” dalam laga ini. Dan yang tak kalah pentingnya adalah daya jelajah Nathan Tjoe di lini tengah tentu diharapkan mampu mengimbangi solidnya lini tengah Uzbekistan.

Laga ini juga menjadi ajang bagi Indonesia untuk memutus catatan buruk melawan Uzbekistan. Selain itu motivasi untuk lolos ke Olimpiade setelah 68 tahun absen tentu menjadi motivasi untuk Rizki Ridho dkk untuk menaklukkan Uzbekistan dan lolos ke Final sekaligus memastikan 1 tempat wakil Asia di Olimpiade 2024.Semoga Rizki Ridho dkk mampu mengikuti jejak Ramlan Yatim,M.Rasijd,Ramang,Aang Witarsa,Tan Liong How,Thio Him Tjiang dkk yang membawa Indonesia tampil di Olimpiade Melbourne 1956. (Harry)

Penulis: Harry

Baca Juga