Piala Asia U-23 2024

Kalahkan Korsel, Timnas U-23 Indonesia Kembali Torehkan Sejarah! 

MEDANSPORT.ID-MEDAN-- Pencapaian gemilang dan menjadi torehan sejarah kembali diukir timnas U-23 Indonesia dalam kepesertaannya di Piala Asia U-23 2024.

Jika sebelumnya anak asuh Shin Tae-yong berhasil mencatatkan sejarah lolos Piala Asia U-23 sekaligus melenggang ke babak perempat final untuk pertama kalinya.

Terkini, sejarah kembali diukir timnas U-23 Indonesia usai menaklukan timnas U-23 Korea Selatan dan melaju ke babak semifinal.

Untuk pertama kalinya, timnas Indonesia berhasil menaklukan timnas Korea Selatan dalam kelompok umur.

Kemenangan dramatis itu terjadi di babak perempat final Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024).

Marselino Ferdinan dan koleganya menaklukkan Korea Selatan melalui adu penalti 11-10. Pratama Arhan menjadi penentu kemenangan laga tersebut.

Seperti diketahui, pertemuan antara kedua tim menunjukkan dominasi Korea Selatan U-23. Timnas Indonesia U-23 selalu menelan kekalahan dalam tujuh pertemuannya.

Kekalahan terbesar terjadi pada Kualifikasi Olimpiade 2000 di Seoul, di mana Indonesia ditekuk dengan skor telak 0-7.

Dalam pertemuan terakhir, tepatnya pada laga persahabatan 2018 silam, Timnas Indonesia mampu memperkecil kekalahan dan bertanding sengit dengan skor 2-1 hingga peluit akhir ditiupkan.

Secara keseluruhan, timnas Indonesia U-23 selalu kalah dari timnas U-23 Korea Selatan. Indonesia juga harus kalah dengan kemasukan 24 gol.

Indonesia U-23 sudah kebobolan 24 gol dari Korea Selatan U-23, sementara hanya berhasil mencetak tiga gol sebagai balasan. Namun, momentum positif dari fase grup Piala Asia U-23 2024 menciptakan kejutan bagi skuat Garuda Muda. (*)

Penulis: Kesuma Ramadhan

Baca Juga