LIVE RCTI JUMAT DINI HARI PUKUL 00.30 WIB

Prediksi AFC, Indonesia VS Korsel: Duel Mental Sesunggunya….

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Timnas Indonesia U23 menatap sejarah baru. Pertemuan di babak perempat final melawan Korea Selatan (Korsel) ini boleh dikata duel mental sesungguhnya. Di satu sisi anak asuh Shin Tae-yong akan bermain lepas. Sepertinya beda yang dialami Korsel, yang akan jadi beban tersendiri.

Jumpa kedua tim ini berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat (26/4/2024) sekira pukul 00.30 WIB. Bahkan laga ini disebut-sebut sangat krusial. Sebab Merah Putih bisa membawa skuad Garuda Muda untuk
selangkah lagi menuju Olimpiade 2024.

Jelang pertandingan, kubu Indonesia U23 sempat ada persoalan dengan dipanggilnya salah satu pemain kunci, Nathan Tjoe-A-On, ke klubnya di Liga Belanda, SC Heerenveen.

Pasalnya, di pertemuan kemarin, Nathan menang hanya diizinkan bergabung ke skuad Garuda Muda untuk sepekan saja, alias hanya di fase grup. Oleh karenanya selepas matchday 3 babak grup, ia langsung bertolak ke Belanda.

Akan tetapi kabar baik datang. SC Heerenveen pada akhirnya resmi mengizinkan Nathan untuk kembali bergabung bersama Timnas U23 Indonesia, sampai selesainya turnamen Piala Asia U23 2024 di Qatar.

"Kabar baik datang dari Belanda yang mana klub SC Heerenveen akhirnya mengizinkan Nathan memperkuat timnas hingga sisa Piala Asia U23. Terima kasih pula untuk seluruh pihak yang terlibat dan memberi dukungan. Kini kita fokus menatap laga melawan Korsel dengan kekuatan penuh," kata Ketum PSSI, Erick Thohir, melalui laman resmi PSSI.

Kehadiran Nathan memang krusial bagi skuad Garuda Muda. Pemain kelahiran Rotterdam berusia 22 tahun itu menjadi pilar dadakan di lini tengah. Nathan tercatat selalu bermain dalam 3 pertandingan Indonesia di fase grup.

Nathan turun sejak menit 51 ketika Indonesia U23 kalah dari Qatar U23 pada matchday pertama. Itupun terjadi lantaran ia baru tiba pada hari pertandingan. Sedangkan saat Indonesia mengalahkan Australia dan Yordania, Nathan selalu bermain penuh.

Kontribusi Nathan tidak main-main. Ia adalah pemberi assist terhadap gol Komang Teguh saat Indonesia U23 mengalahkan Australia U23. Nathan juga tercatat bisa memenangkan 6 tekel, dan membuat 5 umpan kunci sepanjang bermain.

Dengan statistik itu, Nathan bisa kembali berduet dengan Ivar Jenner di posisi gelandang jangkar Indonesia U23. Kehadiran Nathan dan Ivar bakal membuat Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman bisa lebih leluasa bergerak melakukan kreasi serangan timnas.

Akan tetapi tidak boleh juga mengeyampingkan potensi kelelahan yang harus dialami Nathan, sebagai imbas perjalanan bolak-balik dari Qatar-Belanda. Jika memang tidak bisa bermain sejak menit awal, menarik dinanti bagaimana opsi yang bakal diambil Coach Shin.

Saat ini setidaknya, ada 3 opsi yang bisa diambil STY. Pertama, menempatkan Marselino sebagai gelandang untuk menemani Ivar Jenner. Mereka kerap bermain bersama di posisi itu, bahkan saat di timnas senior.

Jika Marselino harus bermain lebih ke dalam, maka posisi di barisan serang dapat diisi Jeam Kelly Sroyer. Pemain milik Persik Kediri itu juga tampil bagus saat memainkan peran itu di laga kontra Australia U23.

Opsi kedua, memasang Justin Hubner menemani Jenner di tengah seperti ketika Piala Asia 2023 (2024) lalu. Lalu posisi Hubner di belakang dapat digantikan Komang, bek yang juga sudah mengemas 2 gol di AFC U23 2024.

Lalu opsi ketiga, kembali memainkan Arkhan Fikri untuk menemani Jenner. Arkhan merupakan pemain inti di laga pertama kontra Qatar U23. Akan tetapi di laga kedua dan ketiga, ia hanya duduk di bangku cadangan.

Jika performa apik Nathan di posisi barunya sebagai gelandang, tentunya fans Indonesia bakal berharap Nathan fit dan bisa menggalang lini tengah Merah Putih. Keberadaan Nathan memiliki efek domino, kehadirannya bakal membuat semua pemain Timnas U23 bisa bermain di posisi terbaik mereka.

Marselino fokus membantu Witan dan Rafael Struick di depan. Hubner bisa berkolaborasi dengan Rizky Ridho dan Muhammad Ferrari untuk melindungi gawang Ernando Ari. Lalu posisi wingback bisa diisi Pratama Arhan dan Fajar
Fathurrahman.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga