OLEH: Indra Efendi Rangkuti.

Tuah!!! Lolosnya Timnas Indonesia di Fase 16 Besar Piala Asia

Indra Efendi Rangkuti (Pemerhati Olahraga Sumut)

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Euforia kebahagiaan dan kegembiraan melanda seluruh ofisial,pelatih dan pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2024 yang digelar di Qatar ketika peluit akhir pertanda berakhirnya pertandingan antara Kyrgyztan vs Oman ditiup wasit.

Hasil akhir pertandingan yang berakhir imbang 1-1 itu memastikan langkah Indonesia untuk pertama kalinya lolos ke-16 Besar Piala Asia.

Gol bintang Kyrgyztan Joel Kojo pada menit ke-80 membuat para pendukung Oman terdiam setelah sebelumnya asa sempat menguat ketika di menit ke-8 babak I Muhsen Al Ghassani membawa Oman unggul 1-0 dan membuat harapan mereka untuk lolos sebagai peringkat terbaik menguat.

Sayang walau terus menekan hingga detik - detik akhir pertandingan tidak ada gol tambahan yang tercipta dan akhirnya Oman dan Kyrgyztan sama - sama harus melupakan mimpi lolos ke - 16 Besar Piala Asia 2024 mendampingi Arab Saudi dan Thailand dari Grup F.

Suasana haru dan penuh kebahagiaan begitu terasa ketika seluruh pemain Timnas Indonesia berlarian menuju kamar pelatih Shin Tae-yong (STY) lalu meluapkan kebahagiaan dengan bersama - sama memeluk sang pelatih dan saling berangkulan di antara mereka.

Beban terasa lepas ketika akhirnya jelang tengah malam WIB Indonesia mencatat sejarah untuk lolos ke-16 Besar Piala Asia untuk pertama kalinya.

Segala macam kritik dan suara "miring" mengiringi langkah Timnas Indonesia baik pada masa persiapan yang diwarnai hasil minor dalam ujicoba, pemilihan pemain dan kehadiran pemain - pemain naturalisasi.

Bahkan ada yang menganggap ketika Indonesia kalah 1-3 dari Jepang dalam laga terakhir grup D maka sudah saatnya skuad Indonesia 'mengepak koper" dari perhelatan Piala Asia tahun ini.

Namun inilah sepakbola dengan segala drama dan misterinya. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi sebelum seluruh laga usai, dan akhirnya Allah SWT menganugerahkan keberhasilan bersejarah ini bagi Indonesia.

Sebelumnya di 4 perhelatan Piala Asia yang diikuti Indonesia yaitu Piala Asia 1996 (Uni Emirat Arab), 2000 (Lebanon), 2004 (China), dan terakhir 2007 (Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam) langkah Indonesia terhenti di penyisihan grup.

Di tengah suara-suara miring akan skuad Timnas Indonesia saat ini, skuad Timnas Indonesia menunjukkan 'kedewasaan dan kematangan" yang menyentuh hati.

Beberapa hari sebelum berangkat ke Qatar seluruh pemain Indonesia berikrar untuk menyatukan hati sebagi satu kesatuan yang utuh membela kehormatan bangsa dan negara tanpa memandang status apakah mereka lahir dan besar di Indonesia atau membela Timnas karena leluhurnya dari Indonesia walau mereka bukan kelahiran Indonesia.

Sungguh mengharukan melihat kebulatan hati bintang - bintang Timnas ini.

Bahkan di Piala Asia 2024 ini skuad asuhan STY juga mencatat rekor baru sepanjang tampil di Piala Asia.

Untuk pertama kalinya Timnas Indonesia selalu mencetak gol dalam seluruh laga penyisihan grup.

Dalam empat edisi keikutsertaan skuad Garuda sebelumnya di Piala Asia (1996, 2000, 2004 dan 2007), selalu ada momen di mana mereka gagal mencetak gol di sebuah pertandingan.

Piala Asia 1996 yang menjadi debut Timnas Indonesia, Widodo C Putro dkk bermain 2-2 dengan Kuwait, tumbang 2-4 dari Korea Selatan tapi gagal membobol gawang Uni Emirat Arab (kalah 0-2).

Selanjutnya di Piala Asia 2000 lebih parah lagi. Timnas Indonesia gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan, yakni imbang 0-0 kontra Kuwait, dihajar China 0-4 dan dipermalukan Korea Selatan 0-3.

Di Piala Asia 2004 Indonesia menang 2-1 dari Qatar, dipermalukan RRC 0-5 dan takluk 3-1 dari Bahrain.

Terakhir di Piala Asia 2007, Timnas Indonesia mencetak tiga gol dari tiga laga. Skuad asuhan Ivan Kolev itu menang 2-1 atas Bahrain, kalah 1-2 dari Arab Saudi dan dikandaskan Korea Selatan 0-1.

Dan kini saatnya Indonesia fokus ke - 16 Besar Piala Asia 2024 dengan menghadapi tim kuat yang juga diunggulkan menjadi juara yaitu Australia.Duel ini akan digelar di Jassim Bin Hamad Stadium pada Minggu, (28/1) pukul 18.30 WIB.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga