LIVE RCTI RABU MALAM PUKUL 18.30 WIB

Prediksi Indonesi VS Jepang: Hidup Mati…..

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Laga pamungkas dilakoni Timnas Indonesia bertemu Timnas Jepang pada matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB. Laga ini menentukan buat kedua tim yang membutuhkan poin untuk memastikan lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023.

Baik Indonesia dan Jepang kini sama-sama memburu 1 tiket lolos otomatis dari Grup D. Pasalnya, tiket pertama Grup D sudah jadi milik Irak yang mengunci posisi juara grup. Sebaliknya, Jepang dan Indonesia berjuang merebut tiket lolos sebagai runner-up. Tim yang kalah dari di laga ini masih punya kans memegang tiket 16 besar.

Namun, jalannya lebih sulit. Hanya ada 4 dari 6 tim peringkat 3 terbaik yang berhak menggenggam tiket lolos tersebut. Indonesia dan Jepang pastinya enggan bertaruh dengan mengakhiri penyisihan di urutan ke-3. Langkah lebih berat kini ditempuh Tim Garuda. Sebab Jepang hanya butuh hasil imbang di pertemuan nanti untuk mengunci
posisi sebagai runner-up.

Jepang dan Indonesia punya poin sama (3), dengan posisi Samurai Biru unggul selisih gol (+1 berbanding -1). Jepang berpeluang menampilkan susunan pemain terbaiknya demi tak kehilangan tiket lolos otomatis ke 16 besar Piala Asia 2024. Samurai Biru tentu menantikan kembali bugarnya sang winger kiri, Kaoru Mitoma. Sesuai kala
waktu, Mitoma yang absen di 2 laga perdana Piala Asia 2024, diperkirakan bisa comeback saat Jepang berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Sang winger diprediksi pulih paling cepat sebulan usai cedera dalam laga Crystal Palace vs Brighton pada 22 Desember 2023 lalu. Pemulihan Mitoma sempat menunjukan perkembangan positif. Melansir Soccer King, sang pemain Brighton telah mengikuti latihan normal sebelum laga Irak vs Jepang yang berlangsung pada Jumat (19/1/2024) lalu. Itu jadi kali pertama ia mengikuti sesi latihan yang sama dengan rekan setimnya.

Sebelumnya, Mitoma berlatih secara terpisah. Akan tetapi, Gekisaka baru-baru ini melaporkan jika kondisi Mitoma masih diragukan. Pada Senin (22/1) kemarin, Mitoma kembali absen dari latihan tim. Kabar tersebut juga telah dikonfirmasi perwakilan federasi sepak bola Jepang (JFA) melalui media tersebut.

“Mengingat kondisi engkel kirinya yang terus menjalani rehabilitasi, besar kemungkinan ia akan absen pada laga melawan Indonesia,” tulis Gekisaka, Senin (22/1/2024) waktu setempat. Terlepas dari keraguan soal fit atau tidaknya Mitoma, Timnas Indonesia patut mewaspadai peluang hadirnya pemain berusia 26 tahun tersebut. Terutama di posisi bek kanan, yang bakal berhadapan langsung dengan Mitoma.

Tugas berat bakal diemban sang kapten Garuda, Asnawi Mangkualaman yang di 2 laga terbaru ditampilkan sebagai starter di posisi tersebut. Pengalamannya 7 bulan lalu saat merepotkan winger Manchester United, Alejandro Garnacho, diharapkan mendongkrak kepercayaan diri Asnawi. Di luar Asnawi, ada sosok Sandy Walsh yang sebenarnya juga berperan sebagai bek kanan. Pemain yang membela Mechelen di Liga Belgia itu sudah diberi kepercayaan tampil sekali sebagai starter.

Memang, perannya bergeser sebagai bek tengah. Tapi, ia tampil solid di posisi barunya itu. Jika Asnawi tembus, tentu Sandy yang akan berhadapan dengan Mitoma. Ancaman bagi Indonesia tentu saja tidak saja dari sosok Mitoma. Jepang punya pemain-pemain lain yang tak kalah berkualitas. Sektor kanan misalnya, bisa diisi Junya Ito (Reims) atau Takefusa Kubo (Real Sociedad).

Keduanya adalah pemain reguler di timnya masing-masing. Dari sektor yang sama bergeser ke belakang, ada fullback kanan Arsenal, Takehiro Tomiyasu. Dalam laga pembuka lawan Vietnam, Tomiyasu sempat absen, namun ia telah dimainkan sebagai pengganti dalam laga Irak vs Jepang. Kemungkinan ia bisa tampil penuh saat melawan
Indonesia.

Di sektor kanan dari sisi Jepang, atau sektor kiri dari sisi Indonesia, posisi itu bisa ditempati Pratama Arhan di belakang dan Marselino Ferdinan di depan. Keduanya jadi pilihan starting line-up Indonesia di 2 laga awal. Garuda juga bisa memasang Shayne Pattynama, kendati mantan bek kanan Viking FK itu belum tampil di 2 laga awal.
Sementara itu, pertarungan menarik berpotensi terjadi sektor tengah.

Dari sisi Jepang, posisi gelandang serang bisa ditempati entah Takefusa Kubo atau pemain AS Monaco, Takumi Minamino. Keduanya secara bergantian tampil di posisi tersebut dalam 2 laga berbeda. Kerja keras tentu saja bakal dilakoni Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Marselino Ferdinan yang juga bisa mengisi peran di tengah. Sejauh ini,

Hubner jadi nama yang diharapkan dapat membendung serangan lawan dari tengah. Penampilan Hubner cukup menjanjikan di 2 laga awal sebagai gelandang bertahan. Meski berposisi natural sebagai bek tengah, Hubner mampu mengemban tugas barunya. Bahkan di matchday ke-2, kapten Wolves U21 itu terpilih untuk masuk dalam
Best XI versi AFC.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga