PSAWI Sumut Fokus Latihan Menuju PON 2024

MEDANSPORT.ID-MEDAN-Usai malakoni try out ke Malaysia selama dua bulan. Kini sebanyak 11 atlet Persatuan Ski Air dan Wake Board Indonesia (PSAWI) Sumut fokus latihan sebagai persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut yang dihelat September mendatang.

"Perhelatan akbar PON XXI/2024 Aceh-Sumut akan digelar September mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan, tak terkecuali persiapan atlet yang bakal berlaga di pesta olahraga tanah air yang digelar empat tahun sekali tersebut", ujar ketua

Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Ski Air dan Wake Board Indonesia (PSAWI) Sumut, M. Husaini Almubayyin di Medan, Rabu (3/1/2024)

Pria yang akrab disapa Al ini menuturkan untuk menambah jam terbang para atlet telah melakoni try out ke negara jiran Malaysia selama dua bulan dari 25 Oktober hingga 23 Desember 2023. Selanjutnya, sebanyak 11 atlet yang terdiri dari 10 putra dan 1 putri berasal dari Nias Selatan, Toba, Medan dan  Prapat fokus latihan untuk mematangkan persiapan menjadi yang terbaik.

"Bicara tentang persiapan PON 2024, sebenarnya bukan cuma atlet yang harus memahaminya. Para pelatih pun perlu persiapan dan strategi khusus saat akan melakukan sesi latihan tertentu", tutur Al.

Al mengatakan faktanya, jenis olahraga berbeda membutuhkan strategi dan persiapan yang juga berbeda. Persiapan atlet harus dilakukan 80 persen sebelum bertanding. Artinya, sejak jauh-jauh hari. Persiapan yang dimaksud mulai dari pemenuhan gizi, teknik, fisik hingga perencanaan latihan.

Al menambahkan para atlet Pelatda latihan di tiga tempat. Untuk nomor pertandingan wakesurf digelar di Nias. Nomor pertandingan wakeboard di Batam dan nomor pertandingan ski di Jakarta. Ada tiga tempat latihan disebabkan PSAWI Sumut belum punya boat penarik untuk latihan dan sampai saat ini masih menunggu pengadaan alat latihan dari Dispora Sumut (BPbd ) Sumut

Untuk PON 2024 nanti,  kata Al lagi, ada sebanyak 15 nomor yang dipertandingkan yaitu ski jumping putra, ski jumping putri, ski trik putra ski trik putri, ski slalom putra, ski slalom putri, ski slalom beregu, ski overall putra, ski overall putri, ski beregu, wakeboard putra, wakeboard putri, wakesurf putra, wakesurf putri dan wakesurf beregu.

"PSAWI Sumut mendatang pelatih asal Malaysia atas nama Nozzy untuk nomor pertandingan ski. Untuk nomor pertandingan wakesurf dan wakeboard dengan pelatih saya sendiri. Dengan persiapan yang dilakukan Insya Allah dapat meraih 3 emas pada arena PON 2024", pungkasnya. (*)

Baca Juga