Sumut Peringkat 4 Pomnas XVIII/2023 Kalimantan Selatan

MEDANSPORT.ID-MEDAN-Kendati hanya mengikuti 4 Cabang Olahraga (Cabor) dari 16 Cabor yang dipertandingkan, kontingen Sumatera Utara (Sumut) berhasil berada di posisi ke-4 pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVIII/2023 di Banjarmasin Kalimantan Selatan yang digelar 12-22 November 2023.

Posisi tersebut lebih baik dua peringkat dibanding Pomnas ke XVII di Sumatera Barat tahun 2022 lalu, Sumut berada pada peringkat 6" Ya lebih baik Pomnas tahun ini dari Pomnas sebelumnya, naik dua peringkat" ujar ketua Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Sumut, dr Hj.Liliana Puspasari M.Kes. di Medan, Kamis (23/11/2023)

Liliana Puspasari menjelaskan, pada Pomnas ke-17 tahun 2022 di Sumatera Barat, Sumut berada di urutan ke 6 dengan raihan 8 medali emas, 9 perak dan 13 perunggu.Sedang di Pomnas tahun ini di Kalimantan Selatan, Sumut berada di urutan ke 4 setelah DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan raihan 10 medali emas 8 perak dan 7 perunggu.

Liliana.menambahkan, capaian prestasi kali ini tidak terlepas dari keseriusan pengurus cabang olahraga dan dukungan moril maupun material pimpinan perguruan tinggi serta ketua KONI Sumatera Utara yang ikut memotivasi atlet bertanding dilapangan.

Ke-10 medali emas yang diraih kontingen Sumut masing-masing 7 dari cabor atletik dan 3 dari cabor gulat. Sementara 8 medali perak diraih juga diraih dari cabor atletik dan gulat. Sedangkan 7 medali perunggu diraih dari cabor atletik, gulat, catur dan kempo.

Liliana yang juga Pimpinan Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna Medan mengaku bangga, karena dari 25 medali yang diraih kontingen Sumatera Utara, STOK Bina Guna Medan menorehkan 6 medali, terdiri dari dua medali emas, tiga perak dan satu perunggu.
"Cukup puaslah " ujarnya.

Ia menambahkan semoga capaian anak-anak di ajang Pomnas ini akan menambah semangat saat bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 mendatang di Aceh-Sumut. (*)

Baca Juga