Sukseskan Kejuaraan Dunia Jetski Danau Toba,Pemprov Sumut Tingkatkan Koordinasi dengan Kabupaten Sekawasan

MEDANSPORT.ID - MEDAN-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) terus meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sekawasan Danau Toba, tentang berbagai persiapan untuk menyukseskan Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023 di Danau Toba. Sehingga kejuaraan jetski dunia pada 23 - 26 November 2023, berlangsung lancar dan berdampak positif untuk masyarakat Sumut.

Kejuaraan jetski terbesar di dunia itu akan digelar mulai dari Kabupaten Karo, Dairi, Samosir dan berakhir di Toba. "Koordinasi dengan kabupaten sekawasan Danau Toba, akan terus dilakukan, sehingga persiapan di daerah bisa benar-benar maksimal, sehingga perhelatan akbar ini berjalan sukses dan lancar," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho usai rapat persiapan Aquabike World Championship di Ruang Rapat 2 Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro, Medan, Jumat (3/11).

Selain itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut juga terus melakukan persiapan. Termasuk berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, mengenai berbagai fasilitas dibutuhkan. Seperti fasilitas kesehatan, listrik, akomodasi, jaringan internet, toilet dan rumah mandi, serta kebutuhan air bersih dan lainnya.

"Untuk kesiapan, rata-rata bidang yang diawaki OPD Pemprov Sumut juga sudah dikoordinasikan, OPD kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kita bergerak cepat ini," kata Arief S Trinugroho.

Dengan suksesnya kegiatan tersebut, masyarakat pun akan merasakan dampak positifnya. Pada F1 Powerboat di Balige lalu, perputaran uang yang terjadi selama perlombaan mencapai Rp 1,6 triliun dengan jumlah pengunjung sebesar 25 ribu orang.

"Sesuai dengan arahan Pak Pj Gubernur, prinsipnya, kegiatan ini harus bermanfaat bagi masyarakat," ujar Arief.

Tidak hanya itu, event internasional Aquabike World Championship bisa menjadi ajang promosi Danau Toba kepada dunia internasional. Mengingat para pebalapnya berasal dari kurang lebih 22 negara.

"Pebalapnya ada seratus lebih, asalnya dari kurang lebih 22 negara, tentunya ajang ini akan menjadi ajang promosi bagi Danau Toba juga sebagai destinasi sport tourism," ucap Arief.

Asistant Vice President of Destination Development Injourney Adrian Novry yang mengikuti rapat secara daring mengaku optimis dengan kehadiran pengunjung nantinya. Menurutnya dengan banyaknya kategori lomba yang akan digelar dapat menarik pengunjung.

Adapun beberapa kategori tersebut diantaranya endurance, runabout, freestyle, ski ladies, dan lainnya. "Mengingat banyak kategorinya, kami optimis ajang ini akan ramai pengunjung," kata Adrian.

Turut mengikuti rapat pada kesempatan tersebut Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Effendy Pohan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Ekonomi Kreatif Zumry Sulthony, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Faisal Arif Nasution. (Ril)

Penulis: Arif Maulana

Baca Juga