Percasi Sumut Belum Miliki Atlet Jelang PON Aceh-Sumut

MEDANSPORT.ID-MEDAN-Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumatera Utara belum memiliki atlet yang masuk dalam Pelatda KONI Sumut untuk persiapan menghadapi PON XXI/2024 Aceh-Sumut meski perhelatanPWI olahraga terakbar di Indonesia hanya tinggal setahun lagi.

"Sampai sekarang memang belum ada atlet catur kita yang masuk Pelatda persiapan PON. Itulah kondisi catur Sumut pada saat ini. Jadi belum banyak yang bisa kami sampaikan" kata kata Wakil Sekretaris Percasi Sumut Erhan Tarmizi di Posko Publikasi PON XXI/2024 Kantor Dispora Sumut, Jalan Wiliam Iskandar Medan, Rabu (30/8/2023)

Ia mengatakan kepengurusan Percasi Sumut akan mengakhiri masa bakti pada November 2023 dan setelah itu akan dilaksanakan Musprov Percasi Sumut untuk memiliki ketua dan kepengurusan yang baru.

Nantinya setelah terpilih dan terbentuk kepengurusan baru akan dilaksanakan seleksi untuk mencari atlet yang akan masuk Pelatda persiapan menghadapi PON XXI/2024.

"Kita berharap PON nanti berjalan dengan baik. Nanti kita harapkan percasi Sumut dapat ketua baru yang benar-benar punya tekada dan keinginan membangun catur Sumatera Utara. Ya kalau sekarang tidak banyak yang bisa kami sampaikan terkait persiapan menghadapi PON," jelasnya.

Sementara ditanya apa sebaiknya diserahkan kepada KONI Sumut untuk melakukan seleksi terhadap atlet yang akan masuk Pelatda, mengingat waktu yang sudah semakin dekat, menurut dia hal itu tentunya tidak dapat2 sepenuhnya bisa dilaksanakan.

"Tidak bisa diserahkan ke KONI karena itu kewenangan dan tangungjawa dari Percasi, maka Percasi lah yang harus melaksanakannya, tapi karena sekarang ketua yang tidak aktif jadi ya seperti ini lah kondisinya. Jadi nanti kepada Ketua Percasi yang terpilih, tugas pertama adalah melakukan seleksi atlet PON," tuturnya.

"Perlu juga kami sampaikan nanti kita akan mencari 12 atlet untuk persiapan untuk menghadapi PON mendatang. masing-masing enam putra dan enam putri. Mudah-mudahan waktu yang tersisa nantinya dapat dimaksimalkan bagi persiapan atlet kita untuk menghadapi PON," pungkasnya. (*)

Baca Juga