Medan Deli Kuasai Cabor Gateball Porkot Medan 2023

MEDANSPORT.ID-MEDAN-Kontingen Kecamatan Medan Deli menguasai Cabang Olahraga (Cabor) gateball pada ajang Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan ke XIII/2023 yang digelar di lapangan STOK Bina Guna Jalan Aluminium Raya Medan, yang berakhir, Selasa (22/8/2023). KONI dibawah koordinator Wahyu Permana ini mengoleksi 5 emas, 5 perak dan 1 perunggu.

Raihan emas Medan Deli disumbangkan dari nomor beregu putri (Elsa Mendrofa, Risma Dwita Ningsih, Susan Lumbangaol, Nuriani dan Murniati), triple putra (Boby Putra Sentosa, Gerhard Jenforius dan Syukur Damai), double mix (Johanes Gulu dan Susan Lumbangaol), double putri (Fine Siska Waruwu dan Delfin Masna Gulo) dan double putra (Aszon Lahagu dan Abdian Giawi)

Sementara perak di raih beregu putra (Akbaruddin Alamsyah, Boby Triansyah, Suhardianto, Ficri Suhandiansyah dan Putra Gea), triple mix (Sadar Aman Hulu, Putra Gea dan Elsa Mendrofa), triple putri (Adon Fitria, Risma Dwita Ningsih dan Fitriani), single putra (Wilman Zebua) dan beregu mix (Akbaruddin Alamsyah, Awaluddin, Boby Tri Zuliyansyah, Fine Siska Waruwu dan Delfin Masna Gulo).
Perunggu diraih Nuriani di nomor pertandingan single putri.

Peringkat kedua raih kecamatan Medan Amplas dengan torehan 5 emas, 4 perak dan 1 perunggu sedangkan Medan Area menempati peringkat ketiga dengan raihan 1 emas dan 1 perunggu.

Ketua Umum Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kota Medan Dicky Hendrawan mengatakan cabor gateball Porkot Medan tahun ini peserta meningkat sebesar 11,3 persen dibandingkan Porwil Kota Medan 2023. Hal ini membuktikan minat masyarakat khususnya kawula muda semakin tertarik untuk menekuni olahraga gateball.

"Gateball kini sudah mendapat tempat di hati masyarakat Medan dan sudah pasti tidak pernah ragu untuk menjadikan gateball selain olahraga rekreasi juga olahraga prestasi", papar Dicky

Menurut Dicky untuk memajukan gateball sebagai olahraga masyarakat maka akan mengadakan kejuaraan olahraga gateball tingkat mahasiswa. Ia ingin persiapan atlet-atlet muda pada cabang olahraga ini segera dimatangkan dengan pembinaan sejak dini.

“Dulu gateball ini hanya olahraga rekreasi, sekarang sudah masuk olahraga prestasi dan sudah dipertandingkan. Oleh sebab itu, Pergatsi Medan harus segera berbenah terutama memproduksi atlet-atlet muda,” kata Dicky

Ramadhan Ginting selaku ketua panitia pelaksana mengatakan Cabor Gateball Porkot Medan XIII/2023 diikuti sebanyak 115 peserta dari 11 kecamatan yakni Medan Deli, Medan Amplas, Medan Area, Medan Denai, Medan Helvetia, Medan Johor, Medan Kota, Medan Maimun, Medan Perjuangan Medan Sunggal dan Medan Tembung.

"Gateball mempertandingkan 11 nomor pertandingan terdiri dari single putra dan putri, double
putra dan putri, beregu putra dan putri, beregu mix, double mix, triple mix, triple putra dan putri. Pertandingan dilaksanakan mulai Minggu (20/8/2023) dan berakhir Selasa (22/8/2023)", pungkasnya (*)

Baca Juga