OLEH: Indra Efendi Rangkuti (Pemerhati Olahraga Sumut)

Fenomena Sepakbola Profesional Dalam Transfer Tijjan Reijnders

Aksi Tijjani Reijnders ketika membela AC Milan melawan Juventus 28 Juli 2023.

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Ada tema yang menarik dalam sepakbola profesional di Eropa tahun ini. Banyak yang berkata bahwa di era sepakbola modern di Eropa jaminan tawaran kontrak yang tinggi dan fasilitas yang "wah" adalah faktor yang paling menentukan kemana seorang pemain sepakbola akan berlabuh.

Bayangan kebesaran sejarah dan reputasi hebat sebuah klub akan "kalah" dengan tawaran "uang" dari sebuah klub yang reputasinya biasa saja atau bahkan di bawah rata - rata tapi punya finansial yang tajir. Tidak salah memang anggapan ini karena beberapa fakta menunjukkan ini adalah realita yang terjadi beberapa tahun terakhir.

Di AC Milan tahun lalu hal itu sempat terjadi ketika libero handal Belanda Sven Botman hendak dikontrak AC Milan dari klub Prancis Lille. Pada awalnya AC Milan berada di atas angin karena fihak Milan sudah mengadakan pertemuan dengan agen Sven Botman dan sudah ada kesepakatan soal gaji dan fasilitas yang akan diberikan kepada Botman. Apalagi AC Milan akan bertarung di Champions League.

Tentu ini menjadi magnet tersendiri bagi seorang pesepakbola.Ditambah lagi keberadaan mantan kiper Lille Mike Maignan yang menjadi kiper utama AC Milan dan merupakan sahabat baik Sven Botman ketika di Lille.

Ternyata kesepakatan itu menjadi buyar karena Lille menaikkan nilai transfer Sven Botman. Klub Inggris Newcastle United yang bersaing dengan AC Milan untuk mendapatkan Botman bersedia memenuhi tawaran Lille dan memberi gaji jauh di atas yang ditawarkan oleh AC Milan.

Memang Newcastle United menjadi salah satu klub “tajir’ di Inggris dan Eropa sejak investor Timur Tengah menjadi pemilik saham terbesar di Newcastle United dan nilai transfer yang ditawarkan Lille waktu itu bukan masalah sulit bagi mereka.Jadilah akhirnya Botman “membelot” ke Newcastle United walau pun Newcastle United tidak
berkompetisi di Eropa.

Hal yang nyaris samapun hampir terhadi tahun ini di AC Milan.Kepindahan pesepakbola muda Belanda Tijjani Reijnders dari AZ Alkmaar ke AC Milan nyaris terhambat. AZ Alkmaar pada awalnya menetapkan harga Reijnders 20 Juta Euro. AC Milan datang menawar dengan mengajukan 17 Juta Euro.Sebelumnya AC Milan sudah bicara dengan agen Reijnders dan sudah ada kesepakatan soal gaji dengan Reijnders.

Namun ternyata tawaran ditolak Alkmaar.Malah Alkmaar menaikkan harga menjadi 25 Juta Euro.Padahal transfermarket menyebut nilai pasar transfer Reijnders sekitar 14-15 Juta Euro. AC Milan kembali datang dgn tawaran 19 Juta Euro ditambah bonus tapi kembali ditolak.Negosiasi sempat macet dan terancam batal.

Ternyata belakangan terungkap kenapa Alkmaar menaikkan tawarannya.Ternyata West Ham yang memiliki modal di atas AC Milan mengajukan harga 25 Juta Euro plus bonus. Di saat bersamaan Barcelona juga datang dengan tawaran di atas Milan. Begitu juga dengan gaji untuk Reijnders lebih tinggi dari yang ditawarkan AC Milan.

Selanjutnya 1 2