IGORNAS Sumut akan Gelar DBON Menpora Cup 2022

MEDANSPORT.ID-MEDAN-Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar Kejuaraan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bertitle "Menpora Cup 2022". Ajang prestasi antar pelajar ini mempertandingkan tiga cabang olahraga (cabor) yang diselenggarakan di Medan pada 9-11 Desember mendatang

"Kejuaraan DBON yang merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berkerja sama dengan IGORNAS Sumut yang akan digelar di Medan, 9 -11 Desember 2022", ujar Ketua IGORNAS Sumut Hendrianto M.Pd di Medan, Selasa (29/11/2022).

Ia mengatakan sesuai dengan pernyataan Menpora RI Zainudin Amali bahwa pentingnya DBON untuk kemajuan prestasi olahraga.
Sebab, pembinaan atlet ke depannya akan lebih tertata.

"Kami merasa terpanggil dan siap memberi sumbangsih dan menyukseskan DBON. Kami siap berkolaborasi dengan Kemenpora dan pemerintah daerah, serta melakukan perbaikan-perbaikan yang ada untuk memajukan prestasi olahraga di Indonesia maupun Sumut", tuturnya.

Ia menyebutkan olahraga menjadi penting membangun karakter bangsa, untuk nasionalisme, dan patriotisme. Kegiatan olahraga harus dipandang sebagai investasi, bukan biaya semata. Sebagai insan olahraga kita harus ubah paradigma bagaimana olahraga ini menjadi kebutuhan masyarakat.

Disamping itu, tambah Hendrianto, jika atlet harus memiliki karakter kerja keras, disiplin, dan sportivitas. Sebab, menurutnya, itu merupakan rohnya dalam olahraga. Selain itu, setiap atlet juga diminta harus memiliki semangat optimis disetiap pertandingan dengan misi mengukir prestasi.

Sementara itu, Drs Perwira Ginting selaku ketua panitia kejuaraan DBON Sumut mengatakan ada tiga cabor yang dilombakan yakni atletik dan panahan digelar di PPLP Sumut dan renang di kolam renang Selayang Medan. Diprediksi sebanyak 500 peserta yang ikut dalam kejuaraan ini adalah pelajar SMP dan SMA sederajat se-Sumut. Para pemenang dari perlombaan ini akan mendapatkan medali dan sertifikat dari Kemenpora.

Ia menambahkan dengan digelarnya kejuaraan DBON ini akan menghasilkan generasi
"Sang Juara" untuk Sumut di masa mendatang, khususnya pada tiga cabor yang dipertandingkan tersebut.

“Dengan digelar DBON di Sumut kita mendorong olahraga menjadi industri dan bisa menjaga kepercayaan publik. Olahraga harus menjadi yang utama, menjadikan atlet bugar dan prestasi,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Bayu Lubis
Editor: Ibay

Baca Juga