Ayu Fokus Latihan Menuju PON Sumut-Aceh

MEDANSPORT.ID-MEDAN-Siapapun atlet pasti merasa bangga menjadi kontingen Sumut yang akan tampil pada PON XXI yang digelar di Aceh-Sumut pada 2024 mendatang. Begitu juga dengan atlet petanque Medan bernama lengkap Ayu Mutiara Sari yang saat ini fokus latihan untuk mempersiapkan diri di arena olahraga terakbar tanah air yang digelar 4 tahun sekali.

Sarjana pendidikan ini bersama rekannya Dimas berhasil menasbihkan sebagai juara pada nomor Doble Mix cabor petanque di arena Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara 2022 yang telah usai digelar. Pesta olahraga bagi atlet Sumut ini juga sebagai ajang seleksi untuk menuju prestasi terbaik pada PON 2024.

Usai mengantongi tiket PON Aceh Sumut, atlet binaan KONI Medan ini, terus menggenjot persiapan. Atlet yang akrab disapa Ayu ini bersiap diri untuk terjun dalam Pekan Olahraga Nasiona (PON) Aceh-Sumut 2024. Apalagi dalam PON nantinya, Sumut menjadi tuan rumah cabor petanque yang mencatat sejarah olahraga petanque baru pertama kali digelar pada arena PON.

Sebelumnya, anak bungsu dari 3 bersaudara ini tercatat sebagai atlet Pelatda cabor Petanque program jangka panjang persiapan PON XXI/2024 Sumut-Aceh. Hasil tersebut diraih Ayu setelah lulus seleksi para ajang Seleksi Daerah (Selekda) yang digelar di Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna Jalan Alumunium Raya Medan, pada 25-26 Juni 2021, lalu. Dirinya tercatat sebagai salah satu atlet yang lulus seleksi pada nomor tanding shooting women dan games single putri.

"Alhamdulilah, saya bersyukur kepada Allah SWT,  masih diberikan kesempatan untuk bergabung dengan kontingen Sumut pada PON 2024. Hal ini tentunya membuat saya semakin termotivasi untuk berbenah diri untuk mematangkan persiapan dalam Pelatda penuh yang digelar KONI Sumut pada Januari 2023 mendatang" ujar Ayu di Medan, Senin (28/11/2022)

Atlet yang dilahirkan di Belawan ini mengatakan tugas sebagai atlet semakin berat setelah mengambil tiket PON. Tentu kembali berjuang untuk membawa nama harum Sumut dengan target terbaik pada PON XXI/2024 Sumut-Aceh. Kesempatan ini tidak boleh disia-siakan sebagai tuan rumah jangan sampai menjadi penonton terbaik di daerah sendiri, tetapi harus berjuang untuk mendapatkan medali emas sebagai kontribusi untuk kontingen Sumut.

Sepak terjang anak dari pasangan (Purn) Peltu Bejo Prayetno dan Juriah ini, mulai menggeluti olahraga petanque ini bermula dirinya sebagai mahasiswi STOK Bina Guna Medan. Apalagi  Lapangan yang dimiliki Pengprov FOPI Sumut berlokasi di kampus STOK Bina Guna. Hal ini membuat pemilik tinggi 158 cm dan bobot 63 ingin mengetahui lebih dalam tentang petanque. Hasil latihan kerja keras membuat dirinya meraih berbagai prestasi.

"Alhamdulilah, prestasi yang telah diraih merupakan usaha tidak akan mengkhianati hasil. Selama ini saya tekuni dengan waktu berlatih dan menambah waktu latihan dari waktu latihan reguler saya secara pribadi. Dan ini semua tidak luput dari doa orang tua yang selalu mendoakan disetiap aktivitas dan pertandingan", sebut atlet yang dilahirkan 23 tahun silam ini.

Atlet dibawah naungan FOPI Medan ini terus berlatih dan berlatih untuk mewujudkan impian menuju podium satu pada pesta olahraga nasional yang digelar empat tahun sekali. Cewek yang berdomisili di Asrama TNI AD Belawan ini dibina Dr. Ibrahim Sembiring S.Pd M.Or (head coach ) dan Doli Napitupulu S.Pd M.Pd serta Putra (asisten pelatih)

"Target PON 2024, saya bertekad untuk tampil prima. Bismillah, target yang saya inginkan di PON 2024 medali Emas. Sebagai atlet Medan harus dapat mewujudkan impian untuk memberikan kontribusi keping emas untuk kontingen Sumut", pungkas Ayu. ( *)

Penulis: Muhammad Bayu Lubis
Editor: Ibay

Baca Juga