Kata senior HIPMI Sumut di Piala Dunia 2022

Tosip Tanjung: Maroko Dipastikan Bertekuk Lutut

Tosip Tanjung (Senior HIPMI Sumut)

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Sebagaimana dirilis FIFA bahwa Belgia berada di urutan kedua. Cuma kalah bersaing dari Brasil. Sedangkan lawan Setan Merah (julukan Belgia-red) di pertandingan kedua Grup F Piala Dunia adalah Maroko yang notabene menduduki posisi ke 22 dunia.

Melihat jauhnya jarak periangkat FIFA antara Belgia dan Maroko, otomatis Eden Hazard lebih diunggulkan pada pertemuan ini. Jumpa Belgia verss Maroko sendiri digelar di Al Thumama Stadium yang disiarkan langsung stasiun televisi lokal SCTV, Minggu (27/11/2022) pukul 20.00 WIB.

Menyahuti kontra kedua tim, ditanggapi serius oleh Senior Himpunan Pengudaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumut, Tosip Tanjung. "Dalam 10 tahun terakhir ini merupakan generasi emas Belgia. Di sana ada Eden Hazard, Kevin De Bruyne yang membela Manchester City, Yannick Carrasco dengan penjaga gawang
nomor wahid di Real Madrid, Thibaut Courtois. Jadi untuk Belgia tak diragukan lagi bisa menghabisi Maroko di laga nanti," terangnya penuh kepastian, Minggu (27/11/2022).

Untuk pemain Timnas Maroko sendiri banyak bermain di kasta negaranya saja. Hanya beberapa pemain saja yang dipakai klub-klub kasta Eropa. "Tapi saat melawan melawan Kanada memang permainan Belgia tak begitu menonjol. Artinya, jauh dari harapan meski sebagian pemain tertama itu diturunkan," tukasnya.

Walau demikian, Tosip Tanjung yang dulunya juga seorang reporter Trans 7 ini optimis Maroko bertekuk lutut di hadapan Belgia. Sebab, kata dia, manager Roberto Martinez akan mengubah strategi dan permainan ketika melawan Maroko nanti.

"Saya prediksi di menit-menit awal Belgia berusaha mengempur Maroko. Mereka harus mencuri gol lebih dulu, baru melakukan perubahan. Apa itu di lini tengah mau pun penyerang. Ya, saya yakin Belgia menang 2 - 1-lah di laga ini," tandasnya.

Belgia menang 2 kali dan kalah 1 kali dalam 3 pertemuan dengan Maroko sejauh ini. Belgia dan Maroko pernah bertemu di penyisihan grup Piala Dunia 1994. Waktu itu, Belgia menang 1-0. Belgia cuma menang 6 kali dalam 14 laga terakhirnya. Belgia cuma mencatatkan 3 clean sheet dalam 14 laga terakhirnya.

Belgia selalu menang tanpa kebobolan dalam 2 laga terakhirnya di Piala Dunia: Belgia 2-0 Inggris (14/07/18), Belgia 1-0 Kanada (24/11/22). Maroko cuma kalah 1 kali dalam 9 laga terakhirnya. Maroko tak terkalahkan dalam 6 laga terakhirnya.

Maroko selalu clean sheet dalam 5 laga terakhirnya. Maroko cuma menang 1 kali dalam 11 laga terakhirnya di Piala Dunia. Dua kekalahan terakhir Maroko di Piala Dunia semuanya dengan skor 0-1. (*)

Penulis: Ibay
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga