*Perlu Anda Tahu…..

Asal Usul Pemain Sepak Bola Berjumlah 11 Orang

MEDANSPORT.ID - JAKARTA - Jumlah pemain sepak bola diketahui selalu berjumlah 11 orang, tapi masih ada yang belum tahu asal usul dibalik dari sebelas itu. Semuanya berawal dari Calcio Fiorentino, sepak bola kuno atau sepak bola zaman dulu yang menjadi awalnya sepak bola.

Dulunya, jumlah pemain sepak bola berjumlah 27 pemain dan terdapat 5 orang kiper di dalamnya. Dengan keramain 27 orang melawan 27 orang, pertandingan terlihat menjadi kacau akibat banyaknya orang di lapangan.

Seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan terkait jumlah pemain sepak bola. Hal ini mulai terjadi sekitar pada abad pertengahan. Tidak langsung menjadi 11 pemain, jumlahnya bervariasi dari antara 15 dan 21 pemain.

Perubahan besar akhirnya terjadi pada 1870, di mana adanya persetujuan untuk menetapkan hanya ada satu kiper yang bermain di lapangan. Begitu pula dengan jumlah pemain olahraga sepak bola ditetapkan menjadi 11 orang.

Tidak ada penjelasan jelas tentang angka 11 yang ditetapkan menjadi jumlah pemain sepak bola. Namun ada dipercaya bahwa nomor 11 ditetapkan setelah banyak melakukan uji coba hingga mendapat kesimpulan bahwa 20 pemain cukup untuk bermain di satu lapangan dengan 2 kiper untuk masing-masing gawang.

Selain itu, ada alasan yang jauh lebih sederhana. Manajer tim sepak bola ingin olahraga mereka menjadi sepopuler atau lebih populer daripada olahraga kriket yang dulunya sangat populer di masanya.

Ada hal lain juga yang menjadi alasan penetapan jumlah pemain sepak bola yaitu terkait masalah dana. Pada 1870 muncul aturan terkait strip sepak bola dan mereka ingin memiliki jumlah pemain yang memungkinkan klub untuk menghabiskan uang seminimal mungkin untuk membeli perlengkapan pemain.

Demikian sejarah singkat dibalik jumlah pemain sepak bola yang berjumlah 27 orang lalu ditetapkan menjadi 11 orang, sehingga total pemain dari dua pihak berjumlah 22 orang. (int/sumber)

Penulis:

Baca Juga