LIVE RCTI SABTU MALAM PUKUL 19.30 WIB

Indonesia VS Singapura: Manfaatkan Amunisi Baru di Laga Hidup Mati

MEDANSOPRT.ID - MEDAN - Satu tiket ke final diperebutkan Timnas Indonesia dan Singapura pada leg kedua Piala AFF 2020. Pasar taruhannya pun, sejauh ini menjagokan Tim Garuda dengan seperempat bola untuk Singa Asia Tenggara tersebut. Pertandingan ini sendiri dilaksanakan di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Dijelaskan sebelumnya, kedua tim masih sama-sama punya peluang dan satu gol saja bisa jadi hasil pembeda nantinya. Oleh sebab itu, pertandingan diprediksi akan berjalan ketat sampai akhir. Seperti di laga sebelumnya, Indonesia memanfaatkan bola-bola pendek dan Singapura melakukan serangan balik yang cepat.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong menyebut kalau timnya harus fokus sampai akhir. Di semifinal leg pertama, Witan dkk kecolongan gol karena gagal memainkan jebakan offside.

"Kami akan mencoba untuk melihat pada momen saat semua tak berjalan baik lalu bersiap menatap pertandingan berikutnya dengan baik," kata Shin Tae-yong selepas laga leg pertama semifinal.

Pelatih Singapura Tatsuma Yoshida akan meladeni permainan agresif Skuad Garuda. The Lions siap untuk berduel demi memutus rantai bola timnas Indonesia!

"Mereka bermain agresif dan kami harus menghadapinya. Seperti biasa, kami memanfaatkan lawan yang sedang lengah dan terus menciptakan peluang," jelas pria asal Jepang tersebut.

Indonesia mendapat amunisi tambahan di semifinal leg kedua Piala AFF. Dia adalah Egy Maulana Vikri! Egy baru bergabung bersama Timnas Indonesia pada Selasa (21/12/2021). Shin Tae-yong tak mau mengambil risiko kala itu dengan langsung menurunkannya.

Kini, Egy dalam kondisi bugar. Pemain berusia 21 tahun itu, bisa jadi senjata timnas untuk mengacak-acak lini pertahanan Singapura. Egy punya kecepatan yang oke dan teknik mumpuni. Sepakannya juga terukur.

Skuad Garuda diyakini akan menang tipis dengan catatan Indonesia harus bisa unggul duluan dan mengendalikan laga di babak pertama. Diprediksi, Egy Maulana Vikri tak langsung memainkan Egy di laga leg I semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura. Dalam laga leg II semifinal Piala AFF 2020, Shin Tae-yong diprediksi akan mengandalkan pola 4-4-2.

Pasalnya, dengan menerapkan pola permainan ini, Timnas Indonesia sukses menghajar Malaysia di laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020. Laga diselesaikan dengan skor 4-1 hingga membawa Indonesia melenggang ke babak semifinal dengan status juara grup.

Dengan pola permainan itu, Shin Tae-yong sendiri dipercaya masih akan memercayakan Nadeo Argawinata di bawah mistar gawang. Kemudian di posisi bek, ada empat pemain sejajar yang ditempati Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, dan Pratama Arhan.

Nama-nama di atas sendiri memang terbukti mampu bekerja ciamik sejauh gelaran Piala AFF 2020. Asnawi bahkan tak hanya membantu menjaga lini pertahanan Timnas Indonesia, dia juga berperan besar dalam membangun serangan saat melawan Timnas Singapura di leg I.

Berkat assist ciamik dari Asnawi, Witan Sulaeman bisa membawa Timnas Indonesia membuka keunggulan lebih dahulu dari Singapura. Kinerja apiknya tentu diharapkan berlanjut ke leg II. Beralih ke lini tengah, Shin Tae-yong diyakini akan menempatkan Irfan Jaya sebagai winger kanan dan Ramai Rumakiek di sisi sebelahnya. Untuk gelandang sentral, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya masih jadi andalan. Terakhir di lini serang, pelatih asal Korea Selatan itu dipercaya akan mengandalkan sosok Ezra Walian dan Witan Sulaeman sejak awal laga. (nt/sumber)

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga