“Piala Wali Kota Medan Jangan Hanya Seremoni Belaka”

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua telah usai. Kini sedang berlangsung Pekan Paralimpik Olahraga Nasional (Peparnas) XVI yang juga dilaksanakan di kota lumbung tambang itu.

Pun pekan olahraga akbar nasional akan kembali bergulir, yang rencananya pada 2024 mendatang, namun 'auranya' mulai terasa. Apalagi PON XXI itu berlangsung di dua provinsi, yakni Sumatera Utara dan Aceh.

Salah satu langkah cepat dilakukan Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sumut. Baru-baru ini FOPI mengadakan turnamen dengan memperebutkan piala Wali Kota Medan.

Dinilai sukses dan cukup mumpuni sebagai ajang persiapan jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprovsu) 2022 serta PON mendatang, tapi hendaknya juga bisa menghasilkan atlet handal perwakilan Kota Medan.

"Kita apresiasi event FOPI piala Wali Kota Medan. Tapi jangan sampai ini menjadi ajang seremoni belaka di tengah keterpurukan olahraga di Sumut," sindir pecinta olahraga Kota Medan, Erri Manto Damanik, Kamis (4/11/2021).

Apalagi, lanjut Boss MEDANSPORT.ID ini, gelaran FOPI memperebutkan piala Wali Kota Medan itu  tak sekadar membuat laporan ABS alias Asal Bos Senang.

"Jadi kita harapan event ini harus menjadi ujung tombak KONI Medan mencari dan menemukan atlet terbaik nantinya. Apalagi medan merupakan etalase Sumatera Utara," tegas pria hobi olahraga tenis meja ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani mengatakan ajang Piala Wali Kota Medan 2021 merupakan sarana seleksi atlet ke Pekan Olahraga Provinsi (Porprovsu) 2022 yang digelar tahun depan.

"Arena Piala Wali Kota Medan ini bisa menjadi ajang seleksi ke Porprovsu 2021, yang artinya juga menjadi arena persiapan awal atlet-atlet Kota Medan ke PON XXI mendatang. Karena dengan menjadi juara Porprovsu berarti si atlet berhak atas tiket untuk tampil di PON, " ucap Sibarani.

Ketua Umum KONI Medan berharap para atlet Kota Medan yang turun dapat manfaatkan peluang ini, tampil sebaik-baiknya dan menjadi juara. “Bersama petanque, ada 9 cabor yang menggelar Piala Wali Kota Medan 2021,” tukasnya.

Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sumut dr Hj Liliana Puspasari SPd MKes menjelaskan, sudah ada 10 atlet FOPI yang mengikuti pelatda jangka panjang.

Penulis: Win
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga