Peparnas XVI Papua

Ketua NPC Sumut Optimis Para Atlet Bisa Perbaiki Peringkat

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Kontingen National Paralympic Committe (NPC) Sumut bertarung di ajang Pekan Paralimpik Olahraga Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. Besok, Selasa (2/11/2021), 12 cabang olahraga akan dipertandingkan. Dan 66 atlet paralimpik perwakilan Sumut itu memulai kiprahnya pada gelaran empat tahunan tersebut. Sembilan cabang olahraga yang diikuti merupakan lumbung medali di Pekan Paralimpik Olahraga Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 itu.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting kepada MEDANSPORT.ID menjelaskan, 9 Cabor dengan 66 atlet dan 54 Official yang jumlah keseluruhan 120 orang telah diberangkatkan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi beberapa hari lalu.

"Target kita 40 emas dan ini setelah kita melihat kalkulasi latihan serta kesiapan atlet selama dalam pelatihan," terang ayah satu anak ini, kemarin.

Pada Tahun 2016 Peparnas XV yang diadakan di Bandung, Jawa barat NPC Sumut menduduki peringkat tiga. "Ya, kita harapkan atlet NPC Sumut bisa memperbaiki peringkat yang digelar di Jawa Barat empat tahun lalu. Dulu kita kan berada di peringkat tiga, semoga tahun ini gelaran di Papua peringkat kita bisa naik," ujarnya.

Alan pun tak menampik atas rasa bangganya terhadap semua atlet NPC Sumut yang diberangkatkan ke Papua. Hampir dua pekan kompetisi akbar paralimpik tersebut dilaksanakan dengan penuh semangat dan keyakinan bahwa Sumut bisa mengukir prestasi terbaik di event ini.

"Jadi, Peparnas XVI Papua ini sebanyak 34 provinsi ambil bagian. Dengan rincian ada sekitar 12 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dan ada sekira 740 official, 12 venue plus 1.985 atlet yang akan memperjuangkan di masing-masing daerahnya sejak 2 November hingga 15 November mendatang," urai Alan.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Joko Heriyanto
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga