Peparnas XVI Papua

Fauzi Atlet NPC Dairi: Masjid Telaga Zamzam Menyibak Harapan

Fuuzi sedang berlatih di salah satu pusat latihan untuk menghadapi Peparnas Papua.

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Sekira tiga tahun lalu. Pria semampai dengan tinggi 178 sentimeter itu sedang melaksanakan shalat di Masjid Telaga Zamzam yang berada di Kelurahan Batang Beruh, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Usai shalat, dia bertafakkur sejenak di masjid tersebut. Beberapa saat kemudian, datang seorang lelaki menghampirinya. Mereka pun saling berkenalan. Ya, Ahmad Fauzi Angkat, begitu dia menyebut namanya.

Sang pria tersebut langsung menyambut tangan Fauzi sembari berkata namanya adalah Ihsan Silalahi. Mereka pun bersila sejenak sambil bincang-bincang kecil. Di Masjid Telaga Zamzam, Ihsan bercerita tentang keaktifan dirinya di olahraga. Bahkan dirinya pun mengajak Fauzi untuk bergabung.

"Bapak Ihsan sempat nanya ke saya, apakah saya suka olahraga. Karena sama-sama suka olahraga, Pak Ihsan mengajak saya berlatih di lapangan Tiga Lingga, Dairi," terang Fauzi kepada kru MEDANSPORT.ID, belum lama ini.

Sampai di rumah, Fauzi yang bermukim di Batang Beruh itu kembali berpikir. Apakah harus menerima ajakan Ihsan atau mengenyampingkan harapan itu. Tak lama duduk termenung, akhirnya Fauzi mengambil keputusan. Dalam hati, Fauzi bertekad akan meladeni 'tantangan' Ihsan berlatih atletik.

Selanjutnya Fauzi permisi kepada orangtuanya, Kamli Angkat dan Nurita Berutu. Dengan maksud ingin menemui teman sepermainan bernama Ghazali Bancin. Fauzi yang memiliki keterbatasan tubuh di tangan kanan dan kaki kanan itu, mengajak Ghazali Bancin untuk menemui Ihsan Silalahi.

"Ghazali Bancin itu teman saya dari kecil, bang. Dia lah kawan yang tahu dan mengerti tentang diri saya," ucap Fauzi. Mengendarai sepeda motor, Fauzi duduk di boncengan Ghazali Bancin. Sahabat karib ini pun menuju Tiga Lingga ke rumah Ihsan Silalahi.

Sampai di rumah Ihsan Silalahi, minuman ringan disajikan. Sambil minum dan makan cemilan seadanya di rumah Ihsan Silalahi, tanpa pikir lagi Fauzi mengaku siap berlatih. "Pak Ihsan menyarankan saya bergabung di National Paralympic Committee (NPC) Sumut. Apalagi pak Ihsan sendiri kan seorang pelatih gulat NPC," sebut Fauzi yang penyuka grup Wali Band ini.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Joko Heriyanto
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga