*PON XX Papua 2020

Saat Ini, Sumut Masih Jawara Se-Sumatera

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Peringkat kontingen Sumatera Utara (Sumut) mulai merangkak naik pada hajatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua. Hingga hari ini, Senin (4/10/2021) pagi, Sumut berada di posisi ke-7. Artinya, ada peningkatan satu peringkat dari yang kemarin.

Bahkan, sejauh ini Sumut masih jawara di pulau Sumatera dengan perolehan 5 emas, 8 perak dan 8 perunggu. Total keseluruhan meraih 21 medali pada klasemen sementara PON XX Papua 2020. Diketahui, Tim wushu Sumatera Utara (Sumut) berhasil mencapai target di perayaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Kontingen Sumut meraih 5 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Tak pelak, Sekretaris Pengprov Wushu Indonesia (WI) Sumut, Heriyanto berucap syukur atas hasil yang diraih tim Wushu. Dia menjelaskan, Sumut memenuhi target setelah pada perlombaan hari terakhir di GOR Futsal Dispora Merauke, Minggu kemarin.

Dari Wushu Sumut menambah tiga medali emas, empat perak dan dua perunggu. Tiga medali emas disumbangkan dari wushu sanda, masing-masing Junita Malau kelas 48 kg putri, Rosalina Simanjuntak 52 kg putri serta Brando Mamana Simanjorang kelas 48 kg putra.

Empat medali perak juga seluruhnya dari sanda persembahan Adi R Manurung (kelas 56 kg), Samuel Prima (65 kg), Roberto Manik (70 kg) dan Jeka Asparido Saragih. Sementara dua perunggu didapat dari wushu taolu nomor duillian putra via trio Fredy, Nicholas dan Wilbert Sanjaya, serta dillian putri melalui duet Dwi Arimbi dan Dessy Indri Astuti.

Sejak perhelatan akbar pesta olahraga se-Indonesia itu dibuka, kontingen DKI Jakarta tetap berada di puncak, 36 emas, 23 perak dan 24 perunggu. Diikuti tuan rumah Papua, 29 emas, 12 perak dan 28 perunggu. Selanjutnya Jawa Barat, 22 emas, 23 perak serta 29 perunggu. Sumatera Utara di peringkat 7 dengan 5 emas, 8 perak dan 8 perunggu. Di bawah Sumut diduduki Riau dengan torehan 5 emas, 5 perak dan 6 perunggu.

Penulis: Win
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga