LIVE SELASA DINI HARI DI RCTI PUKUL 01.45 WIB

Sampdoria VS AC Milan: Ubah Formasi Demi Ambisi

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Kiprah AC Milan dalam mengarungi Serie A Italia musim 2021/22, bakal dimulai dengan menantang Sampdoria. Pertandingan perdana tersebut diselenggarakan di Stadio Luigi Ferraris, Selasa (24/08/2021) dini hari WIB.

AC Milan menatap Serie A musim ini penuh percaya diri meski ditinggal sejumlah pemain. Musim lalu, tim besutan Stefano Pioli ini finis di peringkat dua. Tidak bakal mudah bagi mereka untuk menyamai atau bahkan melebihi prestasi itu, terutama setelah musim ini tak lagi diperkuat Diogo Dalot, Hakan Calhanoglu, hingga Gianluigi Donnarumma.

Milan memang telah meminjam kembali Brahim Diaz dari Real Madrid, serta mendatangkan pemain-pemain baru seperti Olivier Giroud dan Mike Maignan. Namun, sulit mengatakan bahwa Milan musim ini lebih kuat daripada musim sebelumnya.

Dari kubu Sampdoria, mereka hingga musim lalu masih dilatih Claudio Ranieri. Musim ini, eks pelatih Parma, Roberto D'Aversa, telah diangkat sebagai pengganti.

Buat Sampdoria, pertarungan melawan AC Milan, merupakan debut Roberto D'Aversa sebagai pelatih di Serie A musim ini. Kemenangan bakal menunjukkan kapasitasnya memang layak untuk membesut Il Samp.

Lini belakang Sampdoria, bakal dihuni oleh kuartet Bartosz Bereszynski, Maya Yoshida, Omar Colley, dan Tommaso Augello. Keempat pemain tersebut bakal bahu-membahu agar gawang Emil Audero, tidak kebobolan.

Di sektor tengah Antonio Candreva bersama Mikkel Damsgaard, akan berkolaborasi untuk menyuplai umpan kepada Fabio Quagliarella. Tugas Quagliarella adalah memaksimalkan setiap peluang untuk mencetak gol.

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli bakal menggunakan formasi 4-2-3-1, bukan 4-4-2 yang sempat dipakai pada laga pramusim terakhir melawan melawan Panathinaikos. Duet Simon Kjaer dengan Fikayo Tomori, bakal mengawal jantung pertahanan AC Milan.

Demi mencapai ambisinya, Pioli bakal memainkan skuad terbaiknya. Walau ia sadar pertandingan melawan Sampdoria, tidak bakal berjalan mudah karena sebagai tuan rumah pasti mereka mau meraih tiga poin.

"Kami bisa melakukannya dengan baik jika kami menggabungkan ambisi dan kerendahan hati. Kami juga memiliki pertandingan di Liga Champions, di mana kami akan mencoba menjadi protagonis," kata Pioli.

Beralih ke sisi tengah, ada Sandro Tonali dan Ismael Bennacer, yang didukung dengan Alexis Saelemaekeres, Brahim Diaz, serta Rafael Leao. Di depan telah menanti Olivier Giroud, yang tampil impresif selama pramusim.

Modal positif dibawa Sampdoria untuk menghadapi AC Milan. Kesebelasan yang didirikan pada 1946 tersebut menyingkirkan Alessandria di putaran pertama Coppa Italia dengan skor 3-2.

Namun, D'Aversa mengingatkan kemenangan tersebut jangan membuat skuad Sampdoria lupa diri. Ia meminta semua anak asuhnya untuk fokus karena AC Milan adalah klub besar yang sulit untuk dikalahkan di pertandingan nanti.

“Ini adalah awal yang sulit karena kami menghadapi tim yang finis di urutan kedua musim lalu, dan tim yang telah banyak menguat di bursa transfer. Kami harus menunjukkan keinginan dan tekad, untuk mendapat hasil yang bagus," ucap D'Aversa.

Catatan MEDANSPORT.ID

Laga tandang melawan Sampdoria tidak bakal mudah bagi Rossoneri (julukan AC Milan-red). Namun, berkaca pada pramusim yang cukup memuaskan, mereka sepertinya optimistis menatap laga pertamanya di Serie A ini.

Sejauh ini Sampdoria tanpa kemenangan dalam 4 laga terakhirnya melawan Milan di Serie A. Sampdoria selalu mencetak 1 gol dalam 3 laga terakhirnya melawan Milan di Serie A. Sedangkan AC Milan cuma kalah 2 kali dalam 26 laga tandang terakhirnya di Serie A.

Milan selalu mencetak minimal 2 gol dalam 23 dari 25 laga tandang terakhirnya di Serie A. Milan selalu clean sheet dan tak terkalahkan dalam 5 laga terakhirnya di Serie A. Hanya saja dengan bugarnya sejumlah pemain, diperkirakan AC Milan bisa menekuk Sampdoria.

Diprediksi, AC Milan mampu unggul sekira 45 persen, sedangkan Sampdorian selaku tuan rumah hanya 35 persen. Untuk angka seri atau imbang 20 persen. (int/sumber)

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:
Sampdoria (4-2-3-1): Audero; Bereszynski, Ferrari, Colley, Augello; Thorsby, Ekdal; Candreva, Gabbiadini, Damsgaard; Quagliarella. (Pelatih: Roberto D'Aversa).

AC Milan (4-2-3-1): Maignan; Calabria, Kjaer, Tomori, Theo Hernandez; Bennacer, Tonali; Saelemaekers, Brahim Diaz, Leao; Giroud. (Pelatih: Stefano Pioli).

HEAD TO HEAD:
Pertemuan: 126
Sampdoria menang: 30
Gol Sampdoria: 119
Imbang: 31
AC Milan menang: 65
Gol AC Milan: 211.

5 PERTEMUAN TERAKHIR:
03-04-2021 Milan 1-1 Sampdoria (Serie A)
07-12-2020 Sampdoria 1-2 Milan (Serie A)
30-07-2020 Sampdoria 1-4 Milan (Serie A)
06-01-2020 Milan 0-0 Sampdoria (Serie A)
31-03-2019 Sampdoria 1-0 Milan (Serie A).

4 PERTANDINGAN TERAKHIR SAMPDORIA:
22-07-21 Sampdoria 11-1 Castiglione (Friendly)
26-07-21 Sampdoria 2-0 Piacenza (Friendly)
08-08-21 Sampdoria 1-0 Verona (Friendly)
17-08-21 Sampdoria 3-2 Alessandria (Coppa Italia).

4 PERTANDINGAN TERAKHIR AC MILAN:
01-08-21 Nice 1-1 Milan (Friendly)
05-08-21 Valencia 0-0 Milan (Friendly)
08-08-21 Madrid 0-0 Milan (Friendly)
15-08-21 Milan 2-1 Panthinaikos (Friendly).

STATISTIK:
SAMPDORIA Menang: 35%
Imbang: 20%
AC MILAN Menang: 45%
SKOR: 1-2 (1/2 : 0)

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga