Barcelona Vs Juventus

Tanpa Si Kutu…

MEDANSPORT.ID - JAKARTA - Laga sengit pramusim yang digelar di Estadi Johan Cruyff, Senin (9/8/2021) sekira pukul 02:30 WIB. Bertajuk Trofeu Joan Gamper ini sayangnya tanpa Lionel Messi alias si Kutu (La Pulga). Hanya tersaji sang mega bintang Cristiano Ronaldo.

Padahal sedari awal pertarungan ini sangat dinanti pecinta si kulit bundar. Bukan tanpa alasan, karena dua pemain terbaik dunia akan menampilkan kehebatannya, yakni Lionel Messi versus Ronaldo.

Namun sepakan belakangan ini Messi enggan menandatangani kontrak dengan FC Barcelona. Sehingga dirinya pun terpaksa meninggalkan stadion Camp Nou yang dibelanya selama 17 tahun.

Meski begitu, Barcelona masih punya Gerard Pique, Jordi Alba, Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Antoine Griezmann, dan penyerang baru Memphis Depay. Sementara itu, striker anyar Barcelona lainnya, yakni Sergio Aguero, juga sudah berlatih dengan rekan-rekan barunya.

Di uji coba terakhirnya, Barcelona dipecundangi Red Bull Salzburg 1-2. Satu gol Martin Braithwaite tidak cukup untuk menghindarkan pasukan Ronald Koeman dari kekalahan.

Sementara itu, Juventus, yang mulai musim ini kembali dilatih Massimiliano Allegri, menjinakkan Monza 2-1. Juventus unggul 2-0 terlebih dahulu melalui gol-gol Filippo Ranocchia menit 13 dan Dejan Kulusevski menit 53, sedangkan tim lawan hanya mampu menipiskan selisih skor dengan gol yang mereka cetak di menit 87.

“Semoga kami bisa mengatasi situasi dan era baru dimulai sekarang. Ada masa sebelum dan sesudah Leo, seperti halnya pemain hebat lain di Barcelona,” kata Presiden Barcelona, Joan Laporta, dalam sesi konferensi pers pada Jumat (6/8/2021) sore WIB.

Partai melawan Juventus bakal menjadi kesempatan Barcelona membuka lembar baru kehidupan tanpa Messi. Di lain sisi, Trofeo Joan Gamper 2021 justru menjadi momen perdana Ronaldo berpartisipasi dalam laga pramusim. Di tengah serangan pertanyaan soal masa depan, Ronaldo kembali bergabung dengan Juventus guna mengikuti latihan pramusim pada Senin 26 Juli lalu.

Ronaldo beberapa waktu silam sempat dikaitkan lagi dengan PSG, tapi kabar transfer itu surut seiring manuver pendekatan klub Ibu Kota Perancis terhadap Messi. Sejak kembali bersama Juventus untuk menjalani latihan pramusim, Ronaldo belum sempat turun dalam laga ekshibisi.

Catatan MEDANSPORT.ID

Kala Juventus menundukkan AC Monza 2-1 pada 31 Juli silam pada ajang Trofeo Berlusconi, Ronaldo tak masuk tim. La Gazzetta dello Sport menyebut Ronaldo kini siap ambil bagian dalam duel kontra Barcelona di Trofeo Joan Gamper.

Media serupa menyebut Juventus bakal menjajal formasi 4-3-3. Ronaldo bakal berkolaborasi dengan Alvaro Morata dan Federico Chiesa di lini depan. Trio lini tengah kemungkinan akan menampilkan Aaron Ramsey sebagai regista alias sutradara permainan.

Ia diapit oleh Rodrigo Bentancur dan Weston McKennie. Baca juga: Neymar Sudah Tawarkan Nomor 10 PSG untuk Messi Di lini defensif, pelatih Juventus Massimiliano Allegri bakal mengandalkan Matthijs de Ligt. Ia bisa saja didampingi salah satu dari Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini yang telah kembali latihan selama sepekan. Pilihan untuk posisi bek sayap Juventus cukup berlimpah mengingat ada Mattia De Sciglio, Danilo, Alex Sandro, dan Luca Pellegrini.

Pun tanpa Messi, pada pertandingan kali ini diprediksi seru. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman tetap mengacu pada skema 4-3-3 dengan mengandalkan kokohnya lini pertahanan. Dan hal ini tak jauh beda dengan formasi Massimiliano Allegri, sang manajer Juventus.

Juga lewat 4-3-3, terlihat pertandingan Senin dini hari nanti tetap berkutat di penguasaan lini tengah. Pertarungan bakal tampil apik antara punggawa lapangan tengah Busquets (Barcelona) dan Bentancur (Juventus). Diperhitungkan kedua tim bermain terbuka, dengan Barcelona 40 persen. Juventus 40 persen, sedangkan seri 20 persen. (int/sumber)

Perkiraan Susunan Pemain:
Barcelona (4-3-3): Neto; Dest, Araujo, Lenglet, Jordi Alba; Sergi Roberto, Busquets, de Jong; Braithwaite, Griezmann, Depay. (Pelatih: Ronald Koeman).

Juventus (4-3-3): Szczesny; Danilo, Rugani, Dragusin, De Sciglio; Ramsey, Ranocchia, Bentancur; Felix Correia, Cristiano Ronaldo, Kulusevski. (Pelatih: Massimiliano Allegri).

STATISTIK:
Barcelona: 40%
Imbang: 20%
Juventus: 40%
SKOR: 1-1

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga