Prediksi Ukraina Vs Inggris

Southgate Ingatkan Timnya Tetap Waspada

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Tim Nasional (Timnas) Inggris akan menghadapi Ukraina di babak perempatfinal Piala Eropa 2020. Kedua tim akan saling berhadapan di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB.

Berbicara fakta di atas kertas, Harry Kane dan rekan-rekan jelas lebih diunggulkan ketimbang lawan mereka. Seperti diketahui, skuad Timnas Inggris diperkuat sejumlah nama besar hampir di segala lini tim.

Meski demikan, pasukan Gareth Southgate juga wajib waspada saat menghadapi Ukraina. Andriy Yarmolenko dan rekan-rekan jadi salah satu tim yang bermain tanpa beban di perempatfinal kali ini.

Ukraina sendiri lolos ke babak perempat final setelah menumbangkan Swedia
Meski kembali kurang diunggulkan, Timnas Ukraina sebenarnya diperkuat sejumlah pemain bagus terutama di lini serang mereka.

Sebut saja Roman Yaremchuk, Andriy Yarmolenko, dan Ruslan Malinovsky. Jika Inggris lengah, bukan tidak mungkin Ukraina akan kembali memberikan kejutan dan melaju ke semifinal.

"Ukraina adalah tim yang bagus. Saya sangat terkesan dengan apa yang dilakukan Andriy (Shevchenko) dengan mereka," ujar Southgate dilansir dari laman resmi UEFA.

"Jika kami memberi mereka ruang untuk bermain, mereka akan bermain, dan mereka memiliki beberapa penyerang berbahaya. Kami ingin terus maju," pungkas Southgate.

Bek Timnas Inggris, Harry Maguire pun tak ingin timya jemawa jelang menghadapi Ukraina. Apalagi, Andriy Yarmolenko dan rekan-rekan tengah dalam kepercayaan diri tinggi usai mereka berhasil memulangkan Timnas Swedia di babak 16 besar.

"Mereka punya prinsip bagus. Mereka suka bermain dan mereka membangun serangan dengan baik," ujar Maguire.

Perjalanan Ukraina di turnamen ini cukup berliku. Tim besutan Andriy Shevchenko itu kalah 2-3 dari Belanda, menang 2-1 atas tim debutan Makedonia Utara, dan kalah 0-1 dari Austria di Grup C. Mereka menjadi satu dari empat peringkat tiga terbaik dan lolos ke fase knockout pertamanya.

Di babak 16 besar, Ukraina mengalahkan Swedia 2-1 lewat extra time. Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk, yang masing-masing mengukir dua gol di fase grup, tidak mencetak gol di laga ini. Gol-gol Ukraina ke gawang Swedia diciptakan oleh Oleksandr Zinchenko dan Artem Dovbyk.

Sementara itu, Inggris bisa dibilang cukup konsisten dalam perjalanan mereka. Di fase grup, pasukan Gareth Southgate menang 1-0 atas Kroasia, imbang 0-0 dengan Skotlandia, dan menang 1-0 atas Republik Ceko. Setelah itu, gol-gol Raheem Sterling dan Harry Kane memberi Three Lions kemenangan 2-0 atas Jerman di babak 16 besar.

Tiga dari empat gol yang dicetak Inggris di Euro 2020 sejauh ini diciptakan oleh Sterling. Dialah salah satu tumpuan utama Inggris dalam laga kontra Ukraina nanti.

Ukraina dan Inggris baru pernah sekali bertemu di putaran final Euro, yakni di fase grup Euro 2012. Waktu itu, Inggris menang 1-0 lewat gol tunggal Wayne Rooney.

Catatan MEDANSPORT.ID

Bukan hal mudah bagi Tim Inggris menggulung Timnas Ukraina pada babak perempat final Piala Eropa 2020 ini. Perlu berkeringat, karena mengigat para pemain Ukraini banyak menimba ilmu di sejumlah klub ternama benua eropa.

Pertandingan kali ini pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko mengerahkan formasi 3-5-2. Shevchenko, sang mantan pemain Milan ini berusaha menguasai lini tengah yang dikawal Zinchenko, Sydorchuk, Stepanenko, Shaparenko dan Karavaev. Dengan padunya lini pertahanan, aliran bola bisa diberikan kepada penyerang andalan mereka, Yaremchuk dan Yarmolenko.

Kedua penyerang ini telah dikenal dengan akurasi tendangannya. Untuk Timnas Inggris sendiri, sang pelatih Gareth Southgate tetap mengacu pada skema 4-2-3-1. Kane sebagai ujung tombak dibantuk Sterling. Mungkin, di babak pertama Southgate tetap pada formasi tersebut, namun bisa jadi di babak kedua skema akan diubah. Apalagi Southgate dan timnya berharap di tahun ini bisa membawa Piala Eropa ke ranah Ratu Elisabeth.

Sejauh ini Ukraina kalah 7 kali dan baru menang 3 kali dalam 10 pertandingan yang telah mereka mainkan di putaran final Piala Eropa. Ukraina tanpa clean sheet, alias selalu kebobolan, dalam 10 pertandingan yang telah mereka mainkan di putaran final Piala Eropa.Ukraina cuma kalah 2 kali dalam 10 laga terakhirnya/

Inggris masih clean sheet (tak kebobolan) di Euro 2020. Inggris selalu clean sheet (tak kebobolan) dalam 6 laga terakhirnya. Inggris memenangi 9 dari 10 laga terakhirnya (M9 S1 K0), mencetak total 19 gol, mencatatkan 9 clean sheet, dan cuma kebobolan total 1 gol. Prediksi jalannya pertandingan, The Three Lions masih diunggulkan dengan 45 persen. Ukraina hanya 35 persen, hasil imbang sekira 20 persen. (int/sumber)

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:
Ukraina (3-5-2): Bushchan; Matvienko, Kryvtsov, Zabarnyi; Zinchenko, Sydorchuk, Stepanenko, Shaparenko, Karavaev; Yaremchuk, Yarmolenko. (Pelatih: Andriy Shevchenko).

Inggris (4-2-3-1): Pickford; Shaw, Maguire, Stones, Walker; Henderson, Phillips; Grealish, Mount, Sterling; Kane. (Pelatih: Gareth Southgate).

HEAD TO HEAD
- Pertemuan: 7
- Ukraina menang: 1
- Gol Ukraina: 3
- Imbang: 2
- Inggris menang: 4
- Gol Inggris: 9.

5 PERTEMUAN TERAKHIR:
11-09-2013 Ukraina 0-0 Inggris (Kualifikasi Piala Dunia)
12-09-2012 Inggris 1-1 Ukraina (Kualifikasi Piala Dunia)
20-06-2012 Inggris 1-0 Ukraina (Euro)
10-10-2009 Ukraina 1-0 Inggris (Kualifikasi Piala Dunia)
02-04-2009 Inggris 2-1 Ukraina (Kualifikasi Piala Dunia).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR UKRAINA:
07-06-21 Ukraina 4-0 Siprus (Friendly)
14-06-21 Belanda 3-2 Ukraina (Euro)
17-06-21 Ukraina 2-1 Makedonia (Euro)
21-06-21 Ukraina 0-1 Austria (Euro)
30-06-21 Swedia 1-2 Ukraina (Euro).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR INGGRIS:
06-06-21 Inggris 1-0 Rumania (Friendly)
13-06-21 Inggris 1-0 Kroasia (Euro)
19-06-21 Inggris 0-0 Skotlandia (Euro)
23-06-21 Ceko 0-1 Inggris (Euro)
29-06-21 Inggris 2-0 Jerman (Euro).

STATISTIK:
Ukraina Menang: 35%
Imbang: 20%
Inggris Menang: 45%
SKOR: Ukraina 0-1 Inggris.