Ketika ‘Para Mantan’ Jadikan Renang Sebagai Olahraga, Begini Keasyikannya

MEDANSPORT.ID- Puluhan para mantan, atau sebutan khas bagi para pecandu narkotika yang memilih menjalani pola hidup sehat dan teratur menggelar agenda family outing.

Ya, agenda yang dikonsep penuh dengan nuansa kekeluargaan dan menerapkan pola hidup sehat lewat olah raga, salah satunya renang.

Menggunakan media alam terbuka yang berlokasi di kawasan Jalan Lintas Tanjung Pura-Aceh atau tepatnya Water Park Ria, puluhan para mantan tampak ceria yang seakan ingin melupakan masa kelamnya dan coba membuka lembaran baru lewat kegiatan positif tentunya.

Berenang, bermain polo air, dan berseluncur di lintasan yang ekstrem menjulang dan berliku menggambarkan bagaimana asyiknya mereka meluapkan perasaan hatinya.

Bagi mereka, pola hidup sehat dan teratur adalah solusi di balik bayang stigma yang masih tersirat di benak khalayak akan kesan negatif terhadap para pecandu.

Pendekatan pun dilakukan dengan melibatkan peranan keluarga. Sesuai tema yang diangkat Yayasan Rumah Sehat Harapan Aftercare selaku inisiator dalam kegiatan family outing yang berlangsung sejak Senin-Selasa (21-22/12/2020).

"Family outing ini adalah agenda triwulanan Aftercare. Dan edisi kali ini kita sengaja mengambil tema 'Keluarga Paling Utama. Kita melihat stigma negatif terhadap para pecandu terus melekat di tengah masyarakat, dan yang bisa menghempangnya adalah orang terdekat dalam hal ini keluarga," terang kordinator kegiataan family outing, Fajar didampingi pembina Aftercare, Ridho Sanjaya.

Para peserta family outing saat menggelar diskusi.

Kenapa keluarga? sambung Fajar, di situasi apapun dan bagaimanapun tetap keluarga yang paling terdepan dalam menyelesaikan setiap masalah yang hadir.

"Stigma negatif masyarakat terhadap para pecandu sudah melekat dan sulit untuk dihilangkan. Peranan keluarga menjadi sosok terdepan dalam mengcounter setiap kesan buruk yang ada di benak masyarakat, salah satunya dengan kegiatan positif yang kita lakukan hari ini," terang Fajar.

Ternyata, selain berolahraga kegiatan lain yang dilakukan yakni membuka ruang diskusi akan bahaya ancaman narkoba serta solusi menghindarinya.

Tak cuma itu agenda juga dibalut kegiatan renungan suci dan agenda pertemuan dengan sanak famili untuk memberikan pemahaman dan pandangan akan dunia adiksi. (*)