OLEH: Indra Efendi Rangkuti (Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut)

PSMS di Piala Suratin 1980

TIM PSMS DI PUTARAN FINAL PIALA SURATIN 1980: (Berdiri Ki-Ka): Taufik Azhari, Yanto Situmorang, Alm.Langkat Sembiring, Alm Ricky Yacob, Azhari Rangkuti, Benny Van Breukelen, Eddy Harto, Juanda. Aidil Fitri, Syaiful Ramadhan, Alm Sutrisno. (Jongkok Ki-Ka) Supardi, Musimin, Suherman, Isran Effendi, Singgih Prasojo, Rafeno, Imran dan Sumantraji. Tim ini dilatih oleh Alm Eddy Simon dengan Asisten Alm Subekti.

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Ada pertalian sejarah yang kuat antara keberhasilan menjadi Juara Piala Suratin dengan kejayaan PSMS dengan keberhasilan PSMS menjadi Juara di Kejurnas/Divisi Utama Perserikatan PSSI
pada era akhir 60-an dan pada era awal hingga pertengahan 80-an. Dan memang sejak pertama kali digelar pada 1965 turnamen sepakbola junior ini ketika dijuarai oleh PSMS maka disitu pula awal kejayaan PSMS di Kejurnas Divisi Utama Perserikatan PSSI.

Pertama sekali PSMS Medan menjadi Juara Piala Suratin adalah pada 1967.Ketika itu di pada final yang berlangsung 26 April 1967 PSMS Medan menjadi Juara Bersama dengan Persija karena pertandingan beakhir imbang hingga 90 menit waktu normal dan bertahan hingga perpanjangan waktu. Dan pada saat itu PSMS
bermain dengan 10 pemain akibat salah satu bintangnya yaitu Alfaris terkena kartu merah.

Karena pada waktu itu hari sudah gelap dan stadion Menteng tidak memiliki penerangan yang memadai maka PSSI memutuskan PSMS dan Persija menjadi Juara Bersama dengan ketentuan 6 bulan pertama piala dibawa ke Medan dan 6 bulan berikutnya piala disimpan oleh Persija.

Seusai Piala Suratin 1967 ini 4 bintang PSMS Jr yaitu Ronny Pasla, Tumsila, Sarman Panggabean dan Wibisono dipromosikan ke skuad PSMS Sr yang akan berlaga di putaran Final Kejurnas PSSI 1967. Dan akhirnya perpaduan bintang – bintang muda PSMS ini dengan senior-seniornya sukses membawa PSMS untuk pertama kalinya menjadi Juara Kejurnas/Divisi Utama Perserikatan PSSI pada 1967 ini.

PSMS Jr DI PENYISIHAN ZOBA SUMUT/ACEH PIALA SURATIN 1980: (Berdiri Ki-Ka): Eddy Harto, Juanda, Langkat Sembiring, Rafeno, Azhari Rangkuti, Aidil Fitri, Bambang Usmanto, Yanto Situmorang, Sutrisno, Ricky Yakob, Benny Van Breukelen . (Jongkok Ki-Ka): Musimin, Taufik Azhari, Singgih Prasojo, Syaiful Ramadhan, Imran, Supardi, Suherman, Sumantraji, Isran Efendi.

Belakangan salah satu bintang PSMS Jr yang turut menjuarai Piala Suratin 1967 ini yaitu Nobon juga masuk ke skuad PSMS Sr.Dan terbukti kehadiran bintang – bintang muda ini turut berperan besar membawa PSMS menjadi Juara Kejurnas PSSI pada 1969.1971 dan 1975 (Juara bersama dengan Persija), Juara Marah Halim Cup 1972 dan 1973, Juara Soeharto Cup 1972, Juara Jusuf Cup 1974 dan lolos ke Semifinal AFC Champions Cup 1970.

Selanjutnya 1 2 3 4 5 6
Penulis:

Baca Juga