OLEH: Indra Efendi Rangkuti (Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut)

PSMS di Piala Suratin 1980

TIM PSMS DI PUTARAN FINAL PIALA SURATIN 1980: (Berdiri Ki-Ka): Taufik Azhari, Yanto Situmorang, Alm.Langkat Sembiring, Alm Ricky Yacob, Azhari Rangkuti, Benny Van Breukelen, Eddy Harto, Juanda. Aidil Fitri, Syaiful Ramadhan, Alm Sutrisno. (Jongkok Ki-Ka) Supardi, Musimin, Suherman, Isran Effendi, Singgih Prasojo, Rafeno, Imran dan Sumantraji. Tim ini dilatih oleh Alm Eddy Simon dengan Asisten Alm Subekti.

Di PON 1985 Musimin,Juanda dan Sutrisno berperan besar membawa Tim PON Sumut meraih Medali Emas setelah di Final menaklukkan Irian Jaya (Papua) 3-2 dalam drama adu penalti.Demikian juga di PON 1989 Bambang Usmanto dan Sutrisno berperan besar membawa Tim PON Sumut meraih Medali Emas setelah di Final menaklukkan Jawa Timur 2-1.

Dan sejarah juga membuktikan beberapa bintang PSMS di Piala Suratin 1980 ini kelak berjaya di Timnas. Yakni Ricky Yacob, Marzuki Nyakmad, Sutrisno dan Azhary Rangkuti yang sukses membawa Timnas meraih Medali Emas SEA Games 1987. Demikian juga dengan Eddy Harto yang sukses membawa Timnas meraih Medali Emas SEA Games 1991.

Beberapa nama lain seperti Benny Van Breukelen (kiper), Supardi,Syaiful Ramadhan dan Langkat Sembiring sukses menorehkan prestasi gemilang di klub – klub mereka baik di Perserikatan maupun Galatama hingga akhirnya sempat juga memperkuat Timnas pada era 80-an dan awal 90-an.

Rombongan PSMS Jr yang sukses menjadi Juara Suratin Cup 1980 setelah mengalahkan Persiter 3-0 disambut di Balaikota Medan. (Berdiri Ka-Kiri): Musimin, Sumantraji, Benny Van Breukelen, Azhari Rangkuti, Taufik Azhari, Langkat Sembiring, Zatako (wartawan) dan Sutrisno (mau naik ke podium).

Itulah salah satu momen dalam sejarah kejayaan PSMS yang mengawali sukses besarnya setelah menjadi Juara Piala Suratin.Semoga kelak PSMS kembali berjaya di Piala Suratin. (***)

Selanjutnya 1 2 3 4 5 6
Penulis:

Baca Juga