OLEH: Indra Efendi Rangkuti (Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut)

PSMS di Piala Suratin 1980

TIM PSMS DI PUTARAN FINAL PIALA SURATIN 1980: (Berdiri Ki-Ka): Taufik Azhari, Yanto Situmorang, Alm.Langkat Sembiring, Alm Ricky Yacob, Azhari Rangkuti, Benny Van Breukelen, Eddy Harto, Juanda. Aidil Fitri, Syaiful Ramadhan, Alm Sutrisno. (Jongkok Ki-Ka) Supardi, Musimin, Suherman, Isran Effendi, Singgih Prasojo, Rafeno, Imran dan Sumantraji. Tim ini dilatih oleh Alm Eddy Simon dengan Asisten Alm Subekti.

Dan pada akhirnya PSMS Jr tampil sebagai Juara Piala Suratin Zona Sumut/Aceh setelah menaklukkan PSAP Jr di Final Piala Suratin Zona Sumut/Aceh dan akhirnya melangkah ke putaran Final Piala Suratin 1980 di Jakarta.

Di saat memasuki putaran Final Piala Suratin 1980 ini PSMS Jr kembali kehilangan salah satu bintang andalannya yaitu Bambang Usmanto yang harus mengikuti persiapan menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SKASU 1980) yang waktunya berdekatan dengan pelaksanaan putaran Final Piala Suratin 1980 ini. Kehilangan Bambang Usmanto ini pada awalnya sempat dikhawatirkan akan mengurangki kekuatan PSMS Jr.

Karena selama penyisihan Piala Suratin Zona Sumut/Aceh Bambang Usmanto adalah pilihan utama di posisi bek kanan dan mampu pula bermain apik ketika tampil sebagai gelandang. Namun akhirnya dalam ujicoba persiapan jelang putaran Final ini Sutrisno tampil cukup baik mengisi posisi bek kanan yang ditinggalkan oleh Bambang Usmanto.

Di putaran Final Piala Suratin yang berlangsung pada 18 – 26 Mei 1980 ini PSMS Jr berada di grup A bersama PSIS Jr dan Persis Soasio Jr.Pertandingan di grup A ini digelar di Stadion Pluit Jakarta.

PSMS Jr SURATIN CUP 1980: (Berdiri Ki-Ka): Singgih Prasojo, Langkat Sembiring, Bambang Usmanto, Ricky Yacob, Benny Van Breukelen, Marzuki Nyakmad, Sumantraji, Azhari Rangkuti , Sutrisno, Ass Pelatih: Subekti. (Jongkok Ki-Ka): Yanto Situmorang, Juanda, Isran Effendy, Syaiful Ramadhan, Imransyah, Musimin, Supardi.

Pada pertandingan pertama PSMS Jr ditahan imbang 1-1 oleh PSIS Jr. Namun di pertandingan berikutnya PSMS Jr melibas Persis Soasio Jr dengan skor 5-0 dan akhirnya tampil sebagai Juara Grup A setelah di partai terakhir PSIS Jr ditahan imbang 1-1 oleh Persis Soasio Jr. PSIS Jr ini akhirnya mendampingi PSMS Jr lolos ke Perempatfinal dan menghadapi Juara Grup C Persma Menado Jr.

Di putaran Final ini pula bintang – bintang PSMS Jr , seperti Eddy Harto, Juanda, Syaiful Ramadhan, Sutrisno, Musimin, Taufik Azhari, Supardi dan Ricky Yacob mulai menunjukkan sinarnya sebagai bintang sepakbola masa depan dengan aksi – aksi mereka yang menawan.

Selanjutnya 1 2 3 4 5 6
Penulis:

Baca Juga