Oleh : Indra Efendi Rangkuti

PREDIKSI RUMANIA Vs UKRAINA PIALA EROPA 2024

MEDANSPORT.ID-MEDAN-Pertandingan Rumania vs Ukraina di Piala Eropa 2024 ini akan berlangsung di Fussball Arena (Allianz Arena), Munchen, Jerman pada Senin 17 Juni 2024 pukul 20.00 WIB. Di Grup E, keduanya bersaing dengan Belgia dan Slovakia.

Dikutip dari berbagai sumber Rumania dan Ukraina sudah berjumpa 6 kali sejak 2001. Sejumlah 4 pertemuan terjadi di partai uji coba, sedangkan 2 lainnya tersaji dalam laga eksebisi Cyprus International Tournament. Hasilnya, kedua tim sama-sama mengantongi 3 kemenangan.

Meskipun rekor pertemuan kedua tim menunjukan hasil imbang, Ukraina sedikit lebih diunggulkan untuk menang. Di peringkat FIFA saat ini Ukraina menghuni peringkat ke-22 dunia, sedangkan Rumania di posisi ke-46. Perbedaan kedua kubu juga terlihat dari komposisi pemain saat ini. Ukraina relatif punya lebih banyak pemain berlabel bintang dibandingkan kubu Rumania.

Beberapa bintang Ukraina itu saat ini adalah Andriy Lunin (Real Madrid) yang mengisi pos penjaga gawang. Berikutnya, ada Oleksandr Zinchenko (Arsenal) di barisan belakang/tengah. Kemudian juga pemain muda, Mykhaylo Mudryk (Chelsea) di lini depan, serta Artem Dovbyk (Girona) yang juga mengisi lini depan.

Lunin tak bisa dikesampingkan dalam keberhasilan Real Madrid merengkuh gelar LaLiga dan Liga Champion (UCL) musim 2023/2024 ini. Salah satu aksinya yang mencuri perhatian tercipta di perempat final saat Madrid menyingkirkan Manchester City. Lunin melakukan 8 penyelamatan gemilang dan ia jadi faktor penentu kemenangan di babak adu penalti lewat 2 kali penyelamatannya. Bahkan dirinya sempat merebut posisi utama kiper dari kiper Belgia Thibaut courtois.Karirnya ke depan di usia masih relatif muda diperkirakan bakal cerah di Real Madrid.

Bintang Ukraina lainnya ada pada sosok Artem Dovbyk. Bermain untuk Girona, Dovbyk tampil meyakinkan sepanjang musim 2023/2024 ini. Dovbyk bahkan merebut gelar top skor LaLiga 2023/2024 dengan raihan 24 gol khusus di La Liga. Banyak yang menyebut Dovbyk sebagai sosok pengganti striker legendaris Ukraina Andriy Shevchenko.

Sedangkan Rumania relatif tak banyak memiliki pemain berlabel bintang. Radu Dragusin yang bermain di Tottenham Hotspurs yang berposisi sebagai bek, jadi salah satu pemain yang saat ini memperkuat tim kenamaan. Sayangnya Dragusin bukan pilihan utama di Spurs saat ini. Selain itu Rumania masih memiliki pemain senior pada sosok Razvan Marin (Empoli) di pos gelandang.Sayangnya sinar Marin kurang cerah di Serie A musim ini.

Persiapan Rumania untuk Piala Eropa 2024 ini kurang memuaskan. Dalam empat laga uji coba jelang turnamen di Jerman ini, Rumania tak sekali pun menang.

Rumania imbang 1-1 dengan Irlandia Utara, kalah 2-3 dari Kolombia, serta imbang 0-0 melawan Bulgaria dan Liechtenstein. Tiga gol Rumania dalam empat laga itu dicetak oleh Dennis Man (Parma), Ianis Hagi (Alaves), dan Florin Tanase (Al-Okhdood).

Sementara itu, Ukraina meraih tiga hasil berbeda dalam tiga laga uji coba mereka. Ukraina imbang 0-0 dengan Jerman, kalah 1-3 dari Polandia, dan menang 4-0 atas Moldova.

Pertandingan ini menjadi ujian awal bagi kedua tim dalam menghadapi tantangan di Grup E. Rumania berharap bisa memperbaiki performa mereka dan menunjukkan peningkatan signifikan di turnamen ini setelah gagal lolos ke Piala Eropa 2020 lalu.Sedangkan Ukraina bertekad melanjutkan tren positif dan kembali membuat kejutan seperti yang mereka lakukan di Piala Eropa 2020 lalu dengan lolos hingga Perempat Final.

Hanya saja Ukraina mengalami sedikit masalah jelang laga ini. Pelatih Serhiy Rebrov harus mengatur ulang strategi karena bek kiri andalan mereka, Vitaliy Mykolenko, mengalami cedera pergelangan kaki dan kemungkinan besar tidak bisa tampil pada pertandingan pembuka. Sebagai gantinya, Oleksandr Zinchenko diprediksi akan beralih dari posisi gelandang ke bek kiri untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan pemain Everton tersebut.

Dengan kondisi kedua tim yang penuh dengan perubahan dan penyesuaian, pertandingan antara Rumania dan Ukraina di Munich nanti diprediksi akan berlangsung sengit dan menarik untuk disaksikan.Dengan melihat fakta - fakta di atas saya mengunggulkan Ukraina akan menang atas Rumania di pertandingan ini.