LIVE SCTV KAMIS DINI HARI PUKUL 03.00 WIB

Prediksi UCL, Napoli VS Barcelona: Intip Kelemahan 

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Napoli bertemu dengan Barcelona telah terlibat dalam 6 pertemuan sebelumnya. Dua laga di Liga Champions, dua laga di Europa League, dan sisanya di laga uji coba. Hasilnya, Barca menang 4 kali dan terjadi dua skor imbang yang artinya Napoli belum pernah mengalahkan Blaugrana.

Khusus di UCL, pertemuan terakhir mereka terjadi di babak 16 besar musim 2019-20 saat Barca menang agregat 4-2. Dua musim lalu di play-off Europa League, Barca juga mengungguli Napoli dengan agregat 5-3. Di babak 16 besar Liga Champions 2023/2024, Napoli menjamu Barcelona di Stadio Diego Armando Maradona, Kamis (22/2/2024) pukul 03.00 WIB.

Napoli memang sedang goyah jelang 16 besar UCL yang demikian krusial. Akibat hasil imbang 1-1 di kandang melawan Genoa akhir pekan lalu dalam lanjutan Liga Italia, pelatih Walter Mazzarri harus lengser. Ini jelas bukan hal ideal ketika Partenopei menghadapi klub elite Eropa seperti Barcelona. Berkebalikan dengan tuan rumah,
Barcelona datang dengan kondisi bagus.

Blaugrana bermodalkan kemenangan 1-2 di kandang Celta Vigo. Penyerang Robert Lewandowski juga sedang on fire karena bisa mencetak 4 gol dalam 3 pertandingan terakhir. Sebagai pengganti Mazzarri, sang presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis menunjuk Francesco Calzona. Sosok tersebut menjadi pelatih ketiga Partenopei musim
ini setelah Rudi Garcia dan Mazzarri. Situasi itu tentu menunjukkan kondisi tim yang sedang tidak baik-baik saja.

Sebagai juara bertahan Liga Italia, performa Napoli memang payah. Partenopei saat ini duduk di peringkat 9 klasemen Liga Italia dengan 36 poin. Asa untuk mempertahankan gelar juara Serie A layak dikubur karena Napoli tertinggal 27 poin dari Inter sang pemuncak kompetisi. Tentunya banyak pekerjaan yang harus dibenahi Calzona. Rudi Garcia sebenarnya mampu meraih 8 kemenangan, 4 imbang, dan 4 kekalahan di semua kompetisi.

Akan tetapi, ia harus dipecat usai kalah dari Empoli di kandang pada 12 November. Mazzarri lebih payah lagi. Ia mendapatkan 6 kemenangan, 3 imbang, dan 8 kekalahan sebelum dipecat. Bahkan, pada masa kepelatihan sang juru taktik veteran, Napoli kandas di Coppa Italia dan gagal juara di Supercoppa Italiana. Calzona diharapkan bisa memperbaiki semuanya. Modalnya cukup bagus karena ia adalah bagian dari tim kepelatihan Maurizio Sarri dan Luciano Spalletti di Napoli.

Artinya, Calzona juga berjasa dalam keberhasilan Napoli meraih scudetto musim lalu bersama Spalletti. Kini menjadi tugas para pemain untuk bangkit dan memperbaiki penampilan Partenopei. Bisa dikatakan, Liga Champions menjadi satu-satunya jalan tersisa untuk mereka berprestasi.

"Luar biasa bisa bermain di Liga Champions dan kami akan menatapnya dengan penuh antusiasme serta komitmen penuh. Kami akan memberikan semuanya di lapangan untuk bisa menampilkan performa terbaik," kata kapten tim, Giovanni Di Lorenzo, dikutip laman resmi Napoli.

Barcelona tentu tidak akan diam saja membiarkan Napoli bangkit di laga ini. Kemenangan di kandang Celta Vigo dalam lanjutan LaLiga, membuat Blaugrana tidak terkalahkan di 4 laga terakhir. Tapi tentunya evaluasi tetap harus dilakukan Xavi. Musim ini di Liga Champions, Barcelona menderita 2 kekalahan yang semuanya terjadi dalam partai away. Hal tersebut harus menjadi perhatian karena hasil bagus di Naples wajib didapat jika ingin Barca bermain dengan lebih tenang pada leg kedua.

"Saya melihat Barca yang bermain bagus kali ini (melawan Celta). Tapi sekarang kami harus fokus ke pertandingan di Liga Champions," ujar Xavi saat konferensi pers usai pertemuan dengan Celta.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga