Timnas Indonesia & UEA Angkat Koper di Piala Asia

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Seiring laga Piala Asia 2023 yang sudah memasuki partai 16 besar, terdapat sederet negara yang mengalami kegagalan di babak tersebut. Berikut daftar negara tersingkir di 16 besar Piala Asia.

Target Timnas Indonesia masuk fase gugur Piala Asia untuk kali pertama akhirnya tercapai. Dengan menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik, Tim Merah Putih menantang Australia pada babak 16 besar.

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan sejatinya tampil berani menghadapi Australia, hanya saja kerap kecolongan. Shin Tae Yong menilai Socceroos memanfaatkan keunggulan pengalaman di pentas internasional kala menghadapi anak asuhnya.

Gol bunuh diri Elkan Baggott serta tiga gol dari pemain Australia, Martin Boyle, Craig Goodwin, dan Harry Souttar memupus hasrat Indonesia melangkah lebih jauh di ajang kontinental.

Timnas Indonesia menjadi negara pertama yang tersingkir di babak 16 besar Piala Asia, tepatnya pada Minggu (28/1/2024) malam. Menyusul skuad Garuda adalah Uni Emirat Arab (UEA), negara yang masuk pot 2 dalam drawing fase grup Piala Asia beberapa waktu lalu.

UEA menelan kejutan pahit disingkirkan Tajikistan yang merupakan debutan sekaligus non-unggulan pada Piala Asia edisi ke-18. Sempat tertinggal 0-1 sejak pertengahan babak pertama, UEA kemudian memperpanjang napas dengan sebuah gol dramatis pada injury time babak kedua. Skor 1-1 membuat pertandingan berlanjut ke babak tambahan dan adu penalti.

UEA kalah 3-5 pada saat adu penalti. Harapan mencapai final seperti pada Piala Asia 1996 harus dipendam skuad Al Abyad. Setelah Indonesia dan UEA, pada hari ini dipastikan akan bertambah lagi negara-negara yang gagal melangkah ke babak perempat final karena akan digelar lagi laga 16 besar yakni Irak vs Yordania dan Qatar vs Palestina. (cnn/nt)

Penulis:

Baca Juga