LIVE VIDIO RABU DINI HARI PUKUL 03.00 WIB

Prediksi UCL, PSG VS Newcastle: Aroma Dendam di Parc des Princes

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Aroma dendam akan tersaji pada di markas PSG saat menjamu Newcastle di Parc des Princes pada matchday 5 Grup F Liga Champions 2023/2024, Rabu (29/11/2023) pukul 03.00 WIB. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab PSG lebih dulu dibantai Newcastle dengan skor 5-1 pada Oktober kemarin.

Sejauh ini peta persaingan di Grup F UEFA Champions League (UCL) 2023-2024 masih berjalan ketat. Borussia Dortmund (7 poin), PSG (6 poin), AC Milan (5 poin), serta Newcastle (4 poin), semuanya masih punya peluang lolos. Persaingan kemungkinan besar bakal relatif terurai usai hasil matchday 5 pada tengah pekan ini.

Bermain sebagai tuan rumah sudah tentu bakal memberi keuntungan bagi Paris Saint-Germain (PSG). Pasalnya sejauh ini rekor Les Parisiens di Stadion Parc des Princes masih sempurna dengan kemenangan. Oleh karenanya tuan rumah lebih diunggulkan untuk menang.

Secara matematis, PSG dapat memastikan tiket lolos usai matchday 5 dengan 2 syarat. Pertama, mereka wajib mengalahkan Newcastle United. Kemudian syarat kedua, AC Milan gagal menang atas Dortmund di San Siro, Milano. Jika 2 skenario itu sampai terwujud, maka PSG akan mengantongi 9 poin.

Kemudian selisih 4 poin dengan tim peringkat 3 (AC Milan) akan terwujud jika Dortmund menang, atau selisih 3 angka jika duel Milan vs Dortmund berakhir imbang. Meski di atas kertas Milan masih bisa menyamai poin PSG, tapi secara head to head agregat gol PSG masih lebih baik. Dari laga yang sudah dilakoni PSG menang 3-0 atas Milan di laga kandang, lalu hanya kalah 2-1 dari Milan dalam laga away.

Kabar bagusnya lagi, tren performa PSG juga tengah bagus jelang laga menghadapi Newcastle. Usai kalah dari Milan pada beberapa pekan lalu, PSG lantas bangkit dengan mengalahkan Reims 3-0, lalu AS Monaco 5-2. Dua hasil positif tersebut membuat PSG dapat memuncaki klasemen Liga Prancis (Ligue 1), sehingga bisa lebih fokus
menyongsong laga UCL.

"Kami senang dengan kemenangan ini. Kami bisa bertahan di puncak klasemen lagi pekan ini. Sekarang kami harus mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan berikutnya," kata Ousmane Dembele usai laga kontra Monaco, dikutip dari laman PSG.

Di sisi lain, Newcastle wajib menang laga jika ingin memelihara kans lolos ke 16 besar UCL. Kekalahan bakal memastikan The Magpies tersingkir. Hasil imbang atau bahkan kemenangan masih bisa membuka peluang lolos. Tekanan berat sudah pasti bakal dihadapi Newcastle United di bawah asuhan Eddie Howe. Faktor banyaknya pemain cedera dapat menggerus kekuatan tim.

Kian minimnya opsi pemain, membuat Howe kerap mengandalkan beberapa pemain saja, yang dapat berimbas buruk terhadap sisi kebugaran. Namun demikian Newcastle tengah dalam kondisi mental bertanding yang bagus, usai akhir pekan lalu menang 4-1 atas Chelsea. Tentu saja ini menjadi sinyal positif jelang lawatan ke markas PSG.

"Kemenangan atas Chelsea seolah menjadi penegasan dari tim ini. Kami memang meminta mereka yang masih bisa bermain untuk menunjukkan performa terbaik. Kemenangan ini adalah sebuah kabar positif," ujar Howe, dikutip dari laman resmi klub.

Skuad terbaik bisa diturunkan PSG pada laga ini. Sejumlah pemain kunci seperti Dembélé, Kylian Mbappé, dan Gonçalo Ramos, bisa kembali jadi tumpuan seperti saat mengalahkan Monaco pada akhir pekan lalu. Tim tamu diprediksi menurunkan materi pemain yang relatif serupa ketika menundukkan Chelsea pada akhir pekan.

Hal ini tak lepas dari banyaknya pemain penting yang cedera, seperti Callum Wilson, Sean Longstaff, Harvey Barnes, Dan Burn, Sven Botman, dan Jacob Murphy. Newcastle juga tanpa Sandro Tonali yang terkena skorsing.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga