OLEH: Indra Efendi Rangkuti.

Sang Maestro Peraih Gelar Liga Champions Dengan 3 Klub Berbeda

Clarence Seedorf bersama rekan senegaranya Mark Van Bommel membawa AC Milan Juara Serie A musim 2010/2011.

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Clarence Clyde Seedorf bintang sepakbola Belanda kelahiran Paramaribo (Suriname) 1 April 1976 adalah bintang sepakbola Belanda yang sukses dalam menjalani karirnya di AC Milan. Kehadirannya di AC Milan mampu melanjutkan kisah sukses pesepakbola Belanda di AC Milan yang dibangun oleh Trio Ruud Gullit,Marco Van Basten dan Frank Rijkaard.

Mengawali karirnya di Ajax,Seedorf adalah bagian generasi emas Ajax pada pertengahan 90-an. Di Ajax dirinya seangkatan dengan Patrick Kluivert, Michael Reiziger, Edgar Davids, Mario Melchiot, Martijn Reuser, Nwankwo Kanu dan lainnya yang mereka dalam asuhan pelatih Louis Van Gaal.

Bersama Ajax dirinya sukses membawa Ajax meraih gelar Juara Eredivisie musim 1993/1994 dan 1994/1995,gelar Juara Piala Belanda musim 1992/1993 dan membawa Ajax menjadi Juara Champions Cup/League pada musim 1994/1995.

Legenda AC Milan asal Belanda Clarence Seedorf mencatat rekor raih Juara Champions League dengan 3 klub berbeda.

Seusai membawa Ajax meraih Juara Champions Cup pada 1995, Seedorf melanjutkan karirnya dengan bergabung ke klub Sampdoria di Serie A. Sayang kiprahnya tidak sukses bersama Sampdoria. Usai musim 1995/1996 Seedorf pindah ke Spanyol dengan bergabung ke Real Madrid atas rekomendasi pelatih baru Real Madrid waktu itu Fabio
Capello.

Capello yang sebelumnya melatih AC Milan melihat potensi besar dari Seedorf. Bersama Madrid, Seedorf kembali menemukan sinarnya. Di musim pertamanya bersama Madrid Seedorf sukses membawa Real Madrid menjadi Juara Liga Spanyol musim 1996/1997 dan Piala Super Spanyol 1997.

Pergantian pelatih dari Fabio Capello kepads Jupp Heynckes tidak merubah peran Seedorf sebagai pilihan utama di lini tengah Real Madrid bersama Fernando Redondo. Kiprah sukses terus dilanjutkannya di musim 1997/1998 dengan membawa Real Madrid menjadi Juara Liga Champions setelah di Final menaklukkan Juventus 1-0 dan terus berlanjut dengan membawa Real Madrid menjadi Juara Toyota Cup 1998.

Clarence Seedorf ketika membawa Ajax Amsterdam meraih Juara Champions League 1995.

Sayang kemudian Seedorf mengalami konflik dengan pelatih Real Madrid John Toshack dan penggantinya Vicente Del Bosque hingga akhirnya dirinya mulai dicadangkan. Apalagi Real Madrid juga menghadirkan bintang baru asal Inggris Steve McManaman yang berposisi sama dengannya. Akhirnya pada 24 Desember 1999 Seedorf dilepas ke
Inter Milan.

Sayangnya kiprahnya bersama Inter Milan tidak sukses. Perselisihannya dengan pelatih Inter Milan Hector Cuper membuatnya hengkang ke klub tetangga Inter Milan yaitu AC Milan pada tahun 2002. Pada awalnya tifosi AC Milan kaget dengan keputusan AC Milan merekrut Seedorf karena penampilannya selama 2 musim di Inter Milan yang
jeblok.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis:

Baca Juga