LIVE SCTV RABU DINI HARI PUKUL 00.45 WIB

Prediksi UCL, Donetsk VS Barcelona: Penuh Tantangan…

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Shakhtar Donetsk menjamu Barcelona pada matchday 4 Grup H Liga Champions 2023/2024, di Volksparkstadion, Rabu (8/11/2023) pukul 00.45 WIB. Tiga poin atas Shakhtar Donetsk dibidik Barcelona di pertandingan matchday 4 UCL 2023/2024 ini.

Kemenangan dari wakil Ukraina itu dapat memastikan skuad asuhan Xavi Hernández lolos ke babak berikutnya tanpa menanti hasil laga di matchday 5 dan 6. Saat ini, Barca memimpin klasemen Grup H dengan 9 poin hasil dari 3 kemenangan dari 3 pertandingan, diikuti FC Porto (Portugal) di urutan ke-2 dengan 6 poin, Shakhtar Donetsk di posisi ke-3 dengan 3 poin, serta Royal Antwerp (Belgia) di peringkat 4 yang masih tanpa poin.

Barcelona diprediksi akan melakukan segalanya untuk mendapatkan tiket lolos di laga nanti. Terakhir kali Blaugrana lolos dari fase grup UCL terjadi pada musim 2020/2021 lalu. Saat itu Barca menjadi runner-up di bawah Juventus dan unggul dari Dynamo Kyiv dan Ferencváros. Di dua musim setelahnya Barca selalu gagal lolos dari babak grup UCL. Musim 2021-22, Pedri dan kawan-kawan hanya menempati peringkat 3 dan terlempar ke Europa League.

Skuad Catalan saat itu hanya unggul dari Dynamo Kyiv dan kalah bersaing dengan Bayern Munchen serta Benfica. Semusim berikutnya atau musim lalu, situasi yang sama juga dialami oleh Blaugrana. Mereka harus puas berpindah ke Europa League karena menempati peringkat 3 di klasemen akhir. Saat itu, Barca kalah bersaing dengan Bayern Munchen dan Inter Milan serta hanya unggul dari Viktoria Plzeň.

Kemenangan atas Shakhtar akan diusahakan karena laga berikutnya bisa jadi berlangsung berat. Meski bermain di kandang, Barca akan melawan Porto di matchday 5. Setelahnya di laga terakhir babak grup, Gavi dan kawan-kawan akan bertolak ke Belgia menghadapi tuan rumah Royal Antwerp.

Untungnya, jelang laga tandang ke Shakhtar ini Barca kembali mendapatkan kepercayaan diri. Setelah dibekuk Real Madrid di laga El Clásico, akhir pekan kemarin Barca kembali ke jalur kemenangan dengan memenangi laga away di Real Sociedad. Kemenangan itu diyakini Xavi akan mengembalikan kepercayaan diri anak asuhnya.

"Kekalahan di El Clásico memengaruhi permainan kami di awal. Kami harus berjuang lebih keras untuk kemudian para pemain bisa lebih nyaman bermain. Kemenangan ini akan meningkatkan kepercayaan diri pemain," kata sang pelatih Xavi dilansir dari laman resmi klub.

Di sisi lain, Shakhtar Donetsk juga dalam kepercayaan diri yang bagus jelang laga ini. Mereka baru saja memenangi laga melawan salah satu rivalnya yakni Dynamo Kyiv dalam lanjutan Liga Ukraina akhir pekan kemarin. Gol tunggal Oleksandr Zubkov menjadi penentu kemenangan The Miners, julukan Shakhtar, di laga itu.

Kemenangan itu menjadi spesial bagi pelatih Marino Pušić karena menjadi debutnya di Liga Ukraina sebagai pelatih Shakhtar Donetsk. Pušić sendiri menjalani debutnya di Shakhtar saat dikalahkan Barcelona dua pekan lalu. Setelah kekalahan itu Shakhtar bangkit dan mengalahkan Victoria Mykolaivka di Piala Ukraina dan Dynamo Kyiv di Liga Ukraina.

"Selalu menyenangkan ketika bisa memenangi pertandingan. Terutama dalam laga penting dan laga derby (melawan Dynamo) seperti ini. Hasil ini sangat berarti bagi kami," kata Pušić di situs resmi Shakhtar Donetsk.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga