Aroma Liga Inggris di Timnas Indonesia

MEDANSPORT.ID - JAKARTA - Aroma Liga Inggris semakin terasa di Timnas Indonesia . Penilaian itu tak berlebihan mengingat Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On tak lama lagi bakal mengenakan jersey Skuad Garuda.

Sejak kehadiran Shin Tae-yong, Timnas Indonesia memiliki beberapa pemain naturalisasi. Mereka adalah Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Jordi Amat, Ivar Jenner dan Rafael Struick. Sementara dalam waktu dekat, Timnas Indonesia akan segera menyelesaikan proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes, dan Justin Hubner.

Ketiga pemain tersebut dibutuhkan Pasukan Garuda untuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan Piala Asia 2023. Kehadiran Nathan dan Hubner akan membuat aroma Liga Inggris semakin terasa di Timnas Indonesia.

Berikut tiga pemain Timnas Indonesia yang berkarier di Inggris:

1. Elkan Baggott
Elkan Baggott bek andalan Timnas Indonesia di bawah kepelatihan Shin Tae-yong. Saat ini, ia sedang memperkuat klub Championship atau Divisi kedua Liga Inggris, Ipswich Town. Meski belum mendapatkan kesempatan bermain di Championship, tetapi Elkan Baggott telah membuktikan kualitasnya bersama Ipswich Town.

Pasalnya, ia sempat mencetak gol saat The Tractor Boys–julukan Ipswich Town– menelan kekalahan 1-3 dari Fulham di babak 16 besar Piala Liga Inggris.

2. Nathan Tjoe-A-On
Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi. Saat ini, pemain berusia 21 tahun itu sedang memperkuat Swansea City di Championship. Sama seperti Elkan Baggott, Nathan Tjoe-A-On juga belum mendapatkan kesempatan bermain bersama Swansea City di Championship.

Namun, ia sempat diturunkan selama 45 menit saat Swansea City U-21 meraih kemenangan 5-0 atas Charlton U-21.

3. Justin Hubner
Sejatinya Justin Hubner bisa memperkuat Timnas Indonesia bersama Rafael Struick dan Ivar Jenner. Tapi adanya permintaan yang tidak bisa dipenuhi PSSI membuat Justin Hubner batal di naturalisasi.

Kendati demikian, Justin Hubner pun akan segera menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir mengabarkan proses naturalisasinya sudah memasuki tahap akhir. Justin Hubner pun akan menjadi pemain ketiga Timnas Indonesia yang berkarir di Liga Inggris.

Saat ini, Justin Hubner sedang memperkuat Wolverhampton Wanderers U-21. Menjabat sebagai kapten, pemain berusia 20 tahun itu telah tampil sebanyak 10 pertandingan dan mencetak dua gol bersama Wolverhampton Wanderers U-21 di semua kompetisi musim 2023/2024. (snd/nt)

Penulis:

Baca Juga