Lanjutan Kualifikasi Piala Eropa

Insiden Penembakan, Duel Belgia Vs Swedia Dihentikan

MEDANSPORT.ID - BRUSEL - Laga timnas Belgia vs Swedia pada matchday ke-8 Kualifikasi Euro 2024 terpaksa dihentikan dan ditangguhkan akibat adanya insiden penembakan. Laga kedua tim diselesaikan satu babak. Alasan keamanan menjadi penyebab dari ditangguhkannya laga Belgia vs Swedia di Stadion King Baudouin, Brussels, Selasa (17/10/2023) dini hari WIB. Sebuah insiden penembakan di Brussels menyebabkan dua orang yang diketahui dari Swedia meninggal dunia.

Kedua korban penembakan tampak mengenakan jersei sepak bola timnas saat insiden terjadi menurut laporan dari media setempat. Sementara itu, dalam aksinya, pria bersenjata tadi melakukan penambakan membabi buta dengan menggunakan senjata api berjenis pistol.

Pria bersenjata tersebut dilaporkan melarikan dari lokasi kejadian dan masih buron. Dikutip dari BBC, insiden penembakan tersebut terjadi di kota sebelum pertandingan. Aksi tersebut dikategorikan sebagai serangan brutal. Dugaan sementara pria yang melakukan penembakan tersebut berafiliasi dengan organisasi tertentu yang menimbulkan kekacauan.

Polisi Belgia menginstruksikan pendukung Swedia untuk tetap berada di dalam Stadion King Baudouin demi keselamatan mereka setelah pertandingan dihentikan. Pihak aparat juga tengah mengerahkan anak buahnya untuk memburu pelaku penambakan.

Ada pun para pemain Swedia telah mengatakan kepada pihak UEFA untuk tidak melanjutkan laga di babak kedua. Permintaan tersebut dikabulkan dan juga disetujui oleh timnas Belgia.

"Menyusul dugaan serangan di Brussels malam ini, telah diputuskan, setelah berkonsultasi dengan kedua tim dan otoritas kepolisian setempat, bahwa pertandingan Kualifikasi UEFA Euro 2024 antara Belgia dan Swedia dibatalkan," bunyi pernyataan pihak UEFA.

"Komunikasi lebih lanjut akan dilakukan pada waktunya," tulis UEFA. Akibat dari kejadian itu, tingkat keamanan dari negara Belgia meningkat menjadi ke level 4.

Itu menjadi pertama kalinya dalam sejarah. Level tersebut menjadi tingkat keamanan tertinggi yang pernah dicapai oleh Belgia. Sebelumnya mereka hanya menaikkan level ke tingkat ketiga pada 2015 silam setelah adanya serangan di Paris dan Brussels. Ada pun pada laga Belgia vs Swedia sejatinya duel begitu ketat dengan skor 1-1.

Swedia sempat unggul lebih dulu melalui Viktor Gyokeres pada menit ke-15. Namun, Belgia berhasil menyamakan skor 1-1 pada menit ke-31 melalui sepakan penalti Romelu Lukaku. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum sebelum akhirnya pertandingan diangguhkan akibat insiden penambakan. (bls/nt)

Penulis:

Baca Juga